View Full Version
Selasa, 12 Dec 2017

Militer Afghanistan Bersiap Lancarkan Operasi Besar Terhadap Islamic State (IS) di 3 Provinsi

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Militer Afghanistan bersiap untuk melakukan operasi besar yang bertujuan menghentikan kelompok afiliasi Islamic State (IS) agar tidak melakukan terobosan ke provinsi-provinsi utara negara tersebut.

"Kementerian pertahanan berencana untuk melancarkan operasi terhadap Daesh di provinsi utara Sari Pul, Faryab dan Jowzjan," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Dawlat Waziri pada hari Selasa (12/12/2017/.

"Kami tahu ada pejuang asing di antara mereka, tapi kami akan menghapuskan semuanya tanpa mempedulikan kewarganegaraan mereka," katanya, tanpa menjelaskan lebih jauh.

Dengan memanfaatkan situasi kacau menyusul pertempuran dengan pejuang Taliban setempat, IS pertama kali muncul di timur dan timur laut provinsi Nangarhar dan Kunar Afghanistan di tahun 2015.

Afiliasi IS yang dikenal sebagai "Wilayat Khurasan" sekarang berusaha memperkuat pijakan di negara yang dilanda perang itu setelah kehilangan wilayah yang telah ditangkapnya di Irak dan Suriah pada tahun 2014.

Kelompok tersebut telah mengklaim sejumlah serangan mematikan terhadap masjid dan pos keamanan di jantung ibukota Afghanistan, Kabul, selama setahun terakhir. Operasi keamanan tersebut terjadi di tengah laporan bahwa pejuang asing, termasuk warga negara Prancis, bergabung dengan barisan IS di Afghanistan utara.

Mohammad Reza Ghafoori, juru bicara gubernur Jowzjan, mengatakan kepada AFP bahwa lebih dari 40 pejuang IS asing, kebanyakan Uzbek, hadir di distrik Darzab dan Qushtepa "untuk merekrut penduduk setempat dan melatih mereka."

"Pemerintah berencana melancarkan operasi untuk segera menghapus mereka dari daerah tersebut," katanya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version