View Full Version
Senin, 01 Jan 2018

Tentara Zionis Israel Tahan 6742 Orang Palestina Selama 2017

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Tentara Zionis Israel menahan 6.742 orang Palestina di sepanjang Jalur Gaza dan Tepi Barat yang diduduki pada 2017, menurut organisasi Palestina pada hari Ahad (31/12/2017).

Dalam sebuah pernyataan bersama, Komite Tahanan Palestina dan Urusan Narapidana yang Dibebaskan yang terkait Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Komite Tahanan Palestina, Asosiasi Dukungan Tawanan dan Tawanan, Pusat Hak Asasi Manusia Al Mezan mengatakan bahwa penangkapan pada tahun 2017 tersebut mencakup 1.467 anak-anak, 156 wanita, 14 anggota Dewan Legislatif Palestina dan 25 wartawan.

Pernyataan tersebut juga mengatakan beberapa tahanan kemudian dilepaskan.

Pada hari Ahad, ada 6.950 tahanan Palestina, termasuk 359 anak, 22 wartawan dan 10 anggota parlemen, di penjara Israel, tambahnya.

Ada juga 450 tahanan yang berada di bawah "penahanan administratif".

Di bawah kebijakan penahanan administratif, narapidana dapat ditahan tanpa pengadilan untuk periode mulai dari enam bulan sampai satu tahun namun ada juga yang telah menjalani belasan tahun penahanan administratif.

Pasukan Israel sering menyerang rumah-rumah Orang Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan menahan warga Palestina setempat, mengklaim bahwa mereka "dicari" oleh badan keamanan Israel.

Pernyataan tersebut juga mengatakan 2.436 warga Palestina, sepertiga di antaranya adalah anak-anak, telah ditangkap di Yerusalem yang diduduki.

Ketegangan telah meningkat di wilayah Palestina sejak 6 Desember, ketika Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, yang memicu demonstrasi marah di Tepi Barat dan Gaza.

Sejak saat itu, setidaknya 14 warga Palestina telah gugur - dan ribuan lainnya terluka - dalam bentrokan sengit dengan pasukan keamanan Israel.

Yerusalem tetap menjadi inti konflik Timur Tengah, dengan orang-orang Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur - yang diduduki oleh Israel sejak 1967 - pada akhirnya dapat berfungsi sebagai ibukota negara Palestina. (st/MeMo) 


latestnews

View Full Version