View Full Version
Ahad, 14 Jan 2018

Israel Hancurkan Terowongan Serangan Lintas Batas Hamas di Bawah Perbatasan Mesir-Israel

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Militer Israel mengatakan pada hari Ahad (14/1/2018) bahwa mereka telah menghancurkan sebuah terowongan serangan lintas batas yang membentang dari Gaza ke Israel dan Mesir, digali oleh Hamas, kelompok perlawanan yang mengendalikan wilayah Palestina tersebut.

Warga di Gaza mengatakan bahwa jet-jet Israel mengebom sebuah daerah di sebelah timur kota selatan Rafah, oleh perbatasan Mesir dan Israel, pada Sabtu malam.

Israel segera mengkonfirmasi serangan tersebut, namun tidak memberikan rincian sampai hari Ahad.

"Kami memahami ini adalah terowongan teror karena berjalan di bawah fasilitas strategis," juru bicara militer Israel Kolonel Jonathan Conricus mengatakan, mengacu pada jaringan pipa gas dan bahan bakar, serta posisi tentara yang dilaluinya.

"Ini juga bisa membantu memindahkan teroris dari jalur Gaza ke Mesir untuk menyerang sasaran Israel dari Mesir." Hamas tidak berkomentar.

Conricus mengatakan bahwa terowongan yang dihancurkan Sabtu digali oleh operasi kunci Hamas dan berjarak 1,5 km (sekitar satu mil), menembus 180 kilometer di bawah perbatasan Kerem Shalom yang melintasi Israel dan ke Mesir.

"Ini jelas suatu kemungkinan bahwa sebuah serangan sudah dekat," kata Conricus, tapi tidak akan menjelaskan lebih jauh.

Kerem Shalom, jalur utama untuk barang-barang yang memasuki Gaza, ditutup pada hari Sabtu sebelum serangan Israel.

Ketegangan meningkat di kawasan ini Sejak Presiden Donald Trump membalikkan kebijakan dekade AS pada 6 Desember dengan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Warga Palestina di Gaza telah meluncurkan 18 roket atau mortir lintas batas dan 15 pemrotes dan dua orang bersenjata gugur oleh tembakan Israel.

Eskalasi bisa dengan mudah terjadi, meski kedua belah pihak telah memberi isyarat bahwa mereka tidak menginginkan hal itu terjadi.

Selama perang Gaza terakhir, pada tahun 2014, pejuang Hamas menggunakan lusinan terowongan untuk membutakan pasukan superior Israel dan mengancam masyarakat sipil Zionis di dekat perbatasan.

Militer Israel mengatakan telah menghancurkan tiga terowongan tersebut dalam dua bulan terakhir, namun tidak mencari eskalasi.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa terowongan itu adalah "infrastruktur terorisme utama milik Hamas di Jalur Gaza.

"Hamas harus mengerti bahwa kami tidak akan membiarkan serangan ini berlanjut dan kami akan meresponsnya dengan kekuatan yang lebih besar lagi," katanya kepada wartawan sebelum menaiki pesawat ke India.

Israel telah membangun sebuah dinding bawah tanah yang dilengkapi sensor sepanjang perbatasan sepanjang 60 km, yang bertujuan untuk menyelesaikan proyek senilai $ 1,1 miliar pada pertengahan 2019. (st/ Reuters) 


latestnews

View Full Version