View Full Version
Kamis, 18 Jan 2018

Pemukim Ilegal Yahudi Serbu Masjid Al-Aqsa dengan Pengawalan Pasukan Israel

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Sekelompok pemukim ilegal Yahudi Israel, dikawal oleh pasukan militer, telah menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur al-Quds.

Para pemukim ilegal Yahudi itu secara paksa memasuki masjid pada hari Rabu (17/1/2018) pagi, sebuah aksi yang mengakibatkan bentrokan dengan jamaah Muslim.

Setelah insiden tersebut, Direktur Jenderal Wakaf Islam dan Urusan al-Aqsa Syaikh Azzam al-Khatib menyuarakan keprihatinan atas insiden tersebut, mencatat bahwa pihak berwenang Israel bertanggung jawab atas bentrokan tersebut.

Pasukan keamanan Israel secara teratur mengizinkan para ekstremis Yahudi memasuki kompleks tersebut di bawah perlindungan polisi, sementara membatasi akses warga Palestina.

Berdasarkan kesepakatan 1967 antara Israel dan Yordania, negara penjaga Al-Aqsa, ibadah non-Muslim dilarang di lokasi tersebut.

Dalam penentangan dengan kesepakatan itu, rezim di Tel Aviv secara teratur mengizinkan pemukim dan ekstremis Yahudi Israel memasuki lokasi tersebut dan melakukan ritual keagamaan - seringkali berada di bawah pengawasan pasukan bersenjata.

Kompleks Masjid Al-Aqsha adalah situs flashpoint Islam, yang juga suci bagi orang Yahudi. Masjid tersebut merupakan situs tersuci ketiga Islam setelah Mekkah dan Madinah di Arab Saudi. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version