View Full Version
Jum'at, 19 Jan 2018

Rapper Jerman yang Bergabung dengan IS, Deso Dogg Gugur dalam Serangan Udara di Suriah

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang rapper Jerman terkenal yang bergabung dengan Islamic State (IS) telah terbunuh dalam serangan udara di Suriah, kata kelompok pemantau yang berbasis di AS.

Denis Cuspert, yang tampil dengan nama panggung Deso Dogg, menjadi salah satu pejuang Barat Islamic State yang paling terkenal, tampil dalam berbagai video propaganda termasuk sambil memegang kepala terputus seorang pria yang dikatakan dia penggal karena menentang Islamic State.

Pria Jerman-Ghana itu gugur pada hari Rabu saat serangan udara di kota Gharanij di provinsi Deir Al-Zor, Suriah, kata sebuah pernyataan dari Yayasan Media Wafa yang diterjemahkan menjadi bahasa Inggris oleh kelompok pemantau SITE.

Kantor berita terkait IS itu juga menampilkan delapan foto grafis pada aplikasi pesan Telegram yang menurutnya berasal dari jenazah Cuspert yang berdarah, kata SITE.

Kematian Cuspert telah dilaporkan sebelumnya, termasuk oleh Pentagon yang mengumumkan bahwa dia telah terbunuh dalam serangan udara di Suriah pada bulan Oktober 2015. Kemudian diketahui bahwa dia tampaknya selamat dari serangan tersebut.

Sumber jihadis pada bulan April 2014 juga mengatakan Cuspert telah terbunuh di Suriah namun kemudian mencabut klaim tersebut.

Daniela Greene, seorang penerjemah FBI dengan izin keamanan "rahasia", diduga menyelinap ke Suriah pada bulan Juni 2014 untuk menikahi Cuspert setelah dia tertarik pada mantan rapper itu saat mata-matai dia, menurut dokumen pengadilan AS.

Greene, yang ditangkap saat kembali ke AS kurang dari dua bulan setelah melakukan perjalanan ke Suriah, mengaku bersalah karena "membuat pernyataan palsu yang melibatkan terorisme internasional" dan menjalani hukuman dua tahun penjara.

Cuspert telah besumpah setia kepada pemimpin IS Abu Bakr al-Baghdadi dan merupakan perekrut utama pejuang Jerman.

Pejabat AS mengatakan Cuspert telah melakukan ancaman terhadap mantan presiden AS Barack Obama dan warga AS dan Jerman, dan juga telah mendorong Muslim Barat untuk melakukan serangan yang terinspirasi oleh IS. (st/AFP) 


latestnews

View Full Version