View Full Version
Kamis, 25 Jan 2018

Warga AS, Inggris dan Jerman Bantu SDF Perangi Pasukan Turki dan FSA di Afrin

AFRIN, SURIAH (voa-islam.com) - Warga Amerika, Inggris dan Jerman termasuk di antara petempur lainnya di jajaran pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS yang telah bergabung dalam perang melawan Turki di provinsi Afrin, Afrika, seorang pejabat mengatakan kepada Reuters hari Rabu (24/1/2018) ini.

Serangan Turki di wilayah utara, dengan dukungan Brigade Tentara Pembebasan Suriah Suriah (FSA), dimulai pada hari Sabtu dan telah melihat setidaknya 260 pejuang Kurdi Suriah dan militan IS tewas dalam serangan empat hari.

Pejabat SDF Redur Xelil mengatakan kepada wartawan bahwa petempur asing di antara jajaran SDF telah memilih untuk pergi ke Afrin untuk mendukung upaya melawan serangan Turki.

"Ada keinginan dari pihak petempur asing yang berperang di Raqqa dan yang bertempur di Deir Al-Zor untuk pergi ke Afrin," kata Xelil. "Mereka akan berperang melawan invasi Turki."

"Ada orang Amerika, Inggris, Jerman, kebangsaan yang berbeda dari Eropa, Asia dan Amerika," Xelil menambahkan.

Pejuang asing dipercaya tidak membentuk sejumlah besar pasukan SDF, dengan pejabat hanya menyebutkan jumlah mereka dalam "puluhan".

SDF terutama terdiri dari militan Unit Perlindungan Rakyat (YPG), sebuah cabang dari organisasi teroris, Partai Pekerja Kurdistan (PKK). Kelompok tersebut telah meluncurkan serangan terus-menerus terhadap Turki selama tiga dekade terakhir dan niat mereka untuk mendirikan sebuah negara yang berbasis pada federalisme di Suriah utara, telah mendorong intervensi Ankara sejak tahun 2016.

Setelah sebuah pengumuman AS pekan lalu bahwa Administrasi Trump akan terus membantu SDF dan bertujuan untuk membangun kekuatab 30.000 pasukan di sepanjang perbatasan Suriah dengan Turki, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk keputusan tersebut dan mengumumkan dimulainya Operation Olive Branch melawan SDF.

Pejuang asing dari AS dan Eropa telah bebas untuk bergabung dengan SDF dan berjuang bersama dengan pasukan YPG, dan juga kembali ke negara mereka.

Namun, mereka yang berusaha bergabung dengan pihak lain (jihadis) dalam konflik Suriah tidak menghadapi perlakuan yang sama, dengan Menteri Pertahanan Inggris bulan lalu menyerukan agar warga Inggris berjuang dengan Islamic State di luar negeri untuk diburu dan dibunuh. Kebijakan tersebut kemudian dikritik oleh kelompok pengawas teroris dan kelompok hak asasi manusia yang telah menuduh sang menteri melakukan advokasi "kejahatan perang".

Awal bulan ini, Prancis juga menolak permintaan repatriasi Emilie König, seorang wanita Prancis yang dicurigai merekrut pejuang untuk IS. Dalam sebuah wawancara dengan Radio RMC, Menteri Kehakiman Prancis Nicole Belloubet, juga mengatakan bahwa warga negara Prancis yang bepergian ke Suriah untuk bergabung dengan Islamic State dapat diadili oleh SDF, menandakan pengakuan de facto terhadap wilayah Kurdi yang otonom, terlepas dari afiliasi teroris kelompok tersebut.

SDF telah melakukan banyak pelanggaran hak asasi manusia di Irak dan Suriah, termasuk serangan balas dendam terhadap warga sipil di bekas wilayah IS. Amnesty International adalah satu dari beberapa LSM yang telah mencatat bahwa SDF melakukan kejahatan perang termasuk mengusir penduduk, pembakaran dan penghancuran rumah- rumah, penyiksaan dan pembunuhan di luar proses hukum. (st/MEE)


latestnews

View Full Version