View Full Version
Selasa, 30 Jan 2018

Afghanistan Sebut Taliban Harus Dikalahkan Setelah Trump Menolak Berdamai

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Afghanistan mengatakan pada hari Selasa (30/1/2018) bahwa Taliban harus dikalahkan di medan perang setelah Presiden AS Donald Trump menolak gagasan perundingan dengan kelompok mujahidin itu menyusul serangkaian serangan mematikan.

Bereaksi terhadap pengumuman Trump, Taliban mengatakan bahwa mereka sendiri tidak pernah ingin berbicara dengan AS, namun satu anggota senior kelompok tersebut mengatakan bahwa dia menduga berbagai upaya masih akan dilakukan untuk mendapatkan negosiasi dengan kelompok tersebut.

Berbicara kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Senin, Trump mengecam kelompok Talibankarenaserangan mematikanmereka baru-baru ini di Kabul dan mengatakan bahwa AS tidak siap untuk berbicara sekarang. Dia berjanji untuk "menyelesaikan apa yang harus kita selesaikan."

Komentarnya menunjukkan bahwa dia melihat sebuah kemenangan militer atas Taliban, sebuah hasil yang menurut pejabat militer dan diplomat AS tidak dapat dicapai dengan sumber daya dan tenaga kerja yang dia berikan.

Seorang juru bicara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan sementara pemerintah telah mendorong Taliban untuk melakukan pembicaraan damai, serangan di Kabul, termasuk serangan bom jibaku pada hari Sabtu yang menewaskan lebih dari 100 orang, adalah sebuah "garis merah".

"Taliban telah melewati garis merah dan kehilangan kesempatan untuk perdamaian," kata juru bicara, Shah Hussain Murtazawi.

"Kita harus mencari perdamaian di medan perang. Mereka harus dipinggirkan. "

Dia menolak berkomentar langsung mengenai pengumuman Trump.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan bahwa mereka tidak pernah ingin mengadakan pembicaraan damai dengan AS

Trump tahun lalu memerintahkan peningkatan tentara, serangan udara dan bantuan AS lainnya kepada pasukan Afghanistan.

Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nikki Haley, mengatakan bulan ini strategi tersebut sedang berjalan dan mendorong para jihadis mendekati perundingan.

Itu sebelum seorang pembom jibaku menembus pusat Kabul yang dijaga ketat pada hari Sabtu dan meledakkan sebuah ambulans yang berisi bahan peledak, menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai setidaknya 235 orang.

Serangan tersebut menyusul serangan Taliban di Hotel Intercontinental di kota itu pada 20 Januari, di mana lebih dari 20 orang, termasuk empat orang Amerika, tewas.

Taliban mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan pesan kepada Trump bahwa kebijakan agresinya tidak akan berjalan baik.

Anggota Taliban lainnya mengatakan bahwa AS telah mendekati negara-negara yang memiliki hubungan dengan Taliban untuk mencoba membuat mereka mendorong kelompok itu ke meja perundingan.

"Presiden Trump mengatakan ini untuk konsumsi publik," anggota Taliban, yang menolak untuk diidentifikasi, mengatakan penolakan Trump terhadap perundingan. "Dia dan timnya berusaha keras untuk membawa kami ke meja perundingan.

"Sebenarnya, serangan terakhir di Kabul membangkitkan Presiden Trump dan wayangnya di Afghanistan tentang kemampuan Taliban dan kemampuan mereka untuk melakukan serangan besar di manapun."

Taliban, yang berjuang untuk mengusir pasukan asing dari Afghanistan dan menerapkan syariah Islam di negara itu, merujuk pada pemerintah Afghanistan sebagai "boneka" AS.

AS percaya jaringan Haqqani, sebuah faksi di dalam Taliban, berada di balik ledakan bom hari Sabtu di Kabul.

AS dan Afghanistan telah lama menuduh Pakistan mendukung Taliban, dan jaringan Haqqani pada khususnya, sebagai aset yang akan digunakan dalam upayanya untuk membatasi pengaruh saingan lama India di Afghanistan.

Bulan ini, Trump memerintahkan pemotongan besar-besaran bantuan keamanan ke Pakistan karena kegagalannya untuk menindak jihadis.

Pakistan membantah tudingan bahwa hal tersebut mendorong perang Afghanistan, dan mengutuk serangan baru-baru ini di Afghanistan. (st/AN)


latestnews

View Full Version