View Full Version
Kamis, 01 Feb 2018

Turki Perintahkan Penangkapan 120 Personil Militer Terkait Fetullah Gulen

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Seorang jaksa Turki mengeluarkan surat perintah penahanan untuk 120 tersangka dari militer, kata Anadolu Agency yang dikelola negara pada hari Kamis(1/2/2018), yang terakhir dalam sebuah tindakan keras pemerintah yang telah berjalan lama yang diluncurkan setelah usaha kudeta yang gagal pada 2016.

Polisi memulai penggerebegan serentak di 43 provinsi untuk menangkap tersangka, 58 di antaranya diyakini pengguna aplikasi pesan ByLock yang dilarang, kata Anadolu.

Turki melarang ByLock menyusul usaha kudeta, mengatakan bahwa para pengikut cendekiawan Fethullah Gulen menggunakannya untuk berkomunikasi pada malam kudeta tersebut, ketika tentara nakal mengendarai tank dan pesawat tempur untuk menyerang parlemen, menewaskan lebih dari 240 orang.

Gulen, yang telah tinggal di pengasingan di Amerika Serikat sejak 1999, telah membantah terlibat dan mengutuk kudeta tersebut.

Lebih dari 50.000 orang telah dipenjara karena menunggu persidangan atas dugaan hubungan dengan Gulen, sementara 150.000 orang telah dipecat atau diskors dari pekerjaan di sektor militer, publik dan swasta.

Pemerintah menolak kekhawatiran kelompok hak asasi manusia tentang tindakan keras tersebut, dengan mengatakan bahwa hanya pembersihan semacam itu yang dapat menetralisir ancaman yang ditunjukkan oleh jaringan Gulen, yang dikatakan telah menyusupi lembaga seperti pengadilan, tentara dan sekolah. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version