View Full Version
Sabtu, 03 Feb 2018

Erdogan: Tentara Turki Semakin Mendekati Kota Afrin

BITLIS, TURKI (voa-islam.com) - Tentara Turki semakin dekat ke pusat kota Afrin, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Sabtu (3/2/2018).

Operasi yang sedang berlangsung dengan sandi Ranting Zaitun di Afrin sekarang berada di minggu ketiga.

Berbicara di sebuah kongres biasa dari Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa di provinsi timur Bitlis, Erdoğan mengatakan "Kami maju ke Afrin [pusat kota]. Kami dekat."

Turki meluncurkan Operasi Ranting Zaitun pada 20 Januari bersama dengan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) untuk membersihkan teroris PYD / PKK dan Islamic State (IS) dari Afrin, Suriah barat laut. Sebanyak 897 teroris PYD / PKK terbunuh sejauh ini sejak operasi tersebut diluncurkan.

Menurut Staf Umum Turki, Operasi Ranting Zaitun bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut serta untuk melindungi orang-orang Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan Piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah.

Sejak dimulainya operasi tersebut, PYD / PKK telah melakukan serangan lintas batas ke Turki dengan menembaki roket di lingkungan sipil, menewaskan sedikitnya tujuh warga sipil dan melukai 107 lainnya termasuk anak-anak. (st/ds) 


latestnews

View Full Version