View Full Version
Kamis, 08 Feb 2018

Qatar Larang Penggunaan Mata Uang Virtual Bitcoin

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Qatar Central Bank (QCB) telah mengumumkan bahwa bank-bank di negara itu dilarang melakukan transaksi dalam mata uang virtual Bitcoin dalam bentuk apapun atau menukarnya dengan mata uang lain, membuka rekening bank untuk berurusan dengan itu, mengirim atau menerima transfer uang dengan tujuan membeli atau menjual mata uang virtual tersebut.

QCB mengeluarkan surat edaran yang memperingatkan untuk tidak berurusan dengan mata uang ini, dengan menekankan bahwa mereka akan memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan hukum QCB dan peraturan lembaga keuangan yang dikeluarkan oleh Undang-undang No. 13 tahun 2012 jika terjadi pelanggaran apa yang disebut dalam lingkaran ini.

Bank Sentral mengklarifikasi bahwa untuk memastikan keamanan sistem keuangan dan perbankan, bank-bank kerja di Negara itu tidak boleh berurusan dengan mata uang ini, menambahkan bahwa perdagangan mata uang virtual, termasuk yang disebut Bitcoin, baru-baru ini menyebar di berbagai negara. negara-negara di dunia. Menurut Bank Sentral, Bitcoin adalah mata uang ilegal karena tidak ada komitmen oleh bank sentral atau pemerintah manapun di dunia untuk menukar nilainya dengan uang pembayaran yang dikeluarkan dan yang telah dilepas atau untuk komoditas atau emas yang diperdagangkan.

Bank Sentral juga menekankan bahwa berurusan dengan mata uang ini ditandai dengan risiko fluktuasi nilai yang tinggi dan kemungkinan penggunaannya dalam kejahatan finansial dan pembajakan elektronik, selain risiko kehilangan nilai karena tidak ada penjamin atau aset untuk mata uang tersebut. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version