View Full Version
Sabtu, 10 Feb 2018

Tentara Nasional Yaman Rebut Kembali 85 Persen Kota Taiz dari Pemberontak Syi?ah Houtsi

SAADA, YAMAN (voa-islam.com) - Tentara Nasional Yaman (YNA) telah merebut kembali 85 persen kota Taiz dari kelompok pemberontak bersenjata Syi’ah Houtsi, Yemen Today melaporkan.

Front militer di kegubernuran Saada di Yaman utara telah mencapai "kemenangan yang dipercepat" terhadap kelompok Syi’ah Houtsi, kata YNA kepada Yemen Today.

Arab Saudi terus mendukung YNA dengan serangan udara saat YNA berusaha untuk mempertahankan kemajuannya saat ini di Taiz.

Awal pekan ini, YNA merebut kembali distrik Hays yang berbasis di kegubernuran Hudaydah selatan yang dikonfirmasi oleh pemerintahan Presiden Abdu Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional. Di kegubernuran Baydah YNA sekarang memegang kendali direktorat Nati dan telah menyebar pasukannya ke kubu pemberontak Syi’ah Houtsi dari kegubernuran Saada, merebut kembali provinsi Baqam.

Meskipun ada kejadian baru-baru ini di Aden di Yaman selatan, pemberontak Syi’ah Houtsi gagal mengambil keuntungandi front Pantai Barat dan bergerak maju untuk merebut kembali wilayah yang hilang di distrik Khokha. Wilayah tersebut jatuh ke tangan YNA Hadi yang bersekutu dengan Dewan Transisi Selatan yang didukung UEA dan suku Thima yang berbasis di Pantai Barat.

Jenderal Nasser Al-Dhaybani, seorang komandan militer YNA, mengatakan awal pekan ini bahwa pasukannya bergerak mendekati ibukota yang dikuasai pemberontak Syi’ah Houtsi, Sana'a "setiap hari".

Perang sipil Yaman meletus pada tahun 2014 ketika pemberontak Syi’ah Houtsi yang beraliansi dengan partai Kongres Rakyat Rakyat (GPC) yang sebelumnya dipimpin mantan presiden Ali Abdullah Saleh mengambil alih Sana'a. Pemberontak Syi'ah Houtsi, yang terus Yaman bagian utara kemudian membunuh Saleh setelah mantan presiden terguling tersebut berusaha memisahkan diri dari aliansi dengan pemberontak kaki tangan Syi'ah Iran tersebut. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version