View Full Version
Sabtu, 17 Feb 2018

Pakistan Vonis Mati Terdakwa Pemerkosa dan Pembunuh Gadis Cilik Zainab Ansari

LAHORE, PAKISTAN (voa-islam.com) - Seorang pembunuh berantai Pakistan yang didakwa karena pemerkosaan dan pembunuhan seorang gadis berusia tujuh tahun Zainab Ansari telah dijatuhi hukuman mati, kata jaksa penuntut umum.

Pengadilan tersebut diadakan di kota timur Lahore oleh pengadilan anti-terorisme khusus negara itu pada hari Sabtu (17/2/2018) di hadapan si pembunuh, Mohammad Imran Ali.

Zainab ditemukan tewas di tempat pembuangan sampah pada 9 Januari di distrik Kasur dekat Lahore, di provinsi Punjab, beberapa hari setelah dia menghilang.

Imran ditangkap dua pekan setelah dia melakukan kejahatan yang memicu protes nasional.

"Saya sangat berterima kasih kepada hakim agung, dia memperlakukan Zainab seperti putrinya sendiri," ayah Zainab, Amin Ansari, kepada Al Jazeera.

Imran Ali dijatuhi hukuman mati dengan empat tuduhan, tapi ibu Zainab menganggap ini tidak cukup untuk kejahatan yang dia lakukan.

"Saya ingin dia digantung di mana dia melemparkan tubuh Zainab dan dia harus dilempari batu. Menggantung dia terlalu biasa untuknya," kata Nusrat Amin kepada Al Jazeera.

"Setiap orang harus ambil bagian dalam melempari dia dengan batu dan ini tentang empat (hukum) gantung, satu gantung, dua gantung, bedanya apa? Saya ingin dia digantung di tempat dia membunuh gadis saya." l

Pemerkosaan dan pembunuhan Zainab Ansari merupakan kasus ke-12 di distrik Kasur pada tahun lalu, menurut laporan media setempat.

Ehtesham Qadir, jaksa penuntut umum, mengatakan bahwa sementara Imran memiliki hak untuk mengajukan banding, putusan tersebut tidak dapat di  karena Imran mengaku telah melakukan delapan serangan serupa, termasuk pembunuhan Zainab.

"Pengadilan menjatuhkan hukuman mati dengan empat tuduhan dan hukuman penjara seumur hidup kepada Imran Ali dalam pemerkosaan dan pembunuhan gadis kecil itu, Zainab," kata Qadir kepada kantor berita Reuters, menambahkan bahwa dia akan diadili lebih lanjut untuk setidaknya tujuh kasus serupa lainnya.

Selain putusan tersebut, keluarga Zainab akan menerima satu juta rupee Pakistan sebagai kompensasi oleh penyerang. Imran Ali diidentifikasi oleh salah satu tetangga Zainab.

Dia terlihat dalam rekaman CCTV yang mengerikan yang muncul menunjukkan Zainab berjalan dengan pembunuhnya.

Sedikitnya 10 kasus semacam itu terjadi saat pelecehan anak dilaporkan terjadi di Pakistan, menurut Sahil, sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja untuk perlindungan anak.

Pada tahun 2015, lebih dari 200 anak-anak ditargetkan oleh geng kriminal yang mengoperasikan cincin pedofilia di desa Hussain Khanwala, sekitar 10km selatan Kasur.

Anak-anak dieksploitasi secara seksual dan direkam di video, dengan rekaman dijual dan digunakan untuk memeras keluarga mereka, menurut sebuah laporan pencarian fakta oleh Komisi Hak Asasi Manusia Pakistan.

Setidaknya belasan tersangka ditangkap sehubungan dengan jaringan itu, dengan dua terpidana sejauh ini.

Beberapa anak yang menjadi korban jaringan tersebut baru-baru ini berbicara dengan media berita lokal mengenai trauma mereka, dan keterasingan sosial yang mereka rasakan sejak mereka diidentifikasi sebagai korban pelecehan seksual.

"Generasi yang akan datang perlu dijaga dan anak-anak di mana pun harus dilindungi," kata Amin Ansari kepada Al Jazeera. (st/AJE) 


latestnews

View Full Version