View Full Version
Senin, 19 Feb 2018

Turki Akan Perangi Pasukan Suriah Jika Mereka Masuki Afrin

AMMAN, YORDANIA (voa-islam.com) - Turki akan melawan pasukan rezim teroris Suriah jika mereka memasuki wilayah Afrin untuk melindungi pejuang Komunis Kurdi Suriah, kata menteri luar negeri Turki, Senin (19/2/2018).

Mevlut Cavusoglu berbicara pada hari Senin di ibukota Yordania, Amman, saat media pemerintah Suriah melaporkan bahwa pasukan rezim pro-Suriah akan mulai memasuki daerah kantong Afrin "dalam beberapa jam" setelah mencapai kesepakatan dengan milisi Komunis Kurdi yang mengendalikan wilayah tersebut.

Kantor berita resmi Suriah SANA sebelumnya mengatakan bahwa pasukan tersebut akan ditempatkan di Afrin untuk "mendukung" pasukan lokal dalam menghadapi agresi Turki. "

SANA tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang penempatan pasukan, yang dikenal sebagai "kekuatan rakyat," ke daerah tersebut. Rezim Suriah menarik diri dari sebagian besar daerah perbatasan dengan Turki pada tahun 2012 dan tidak memiliki kehadiran di Afrin.

Menteri Turki mengatakan bahwa "jika rezim tersebut masuk untuk melindungi YPG, maka tidak ada yang bisa menghentikan kita, menghentikan Turki atau tentara Turki."

Komentar tersebut muncul setelah pejabat Kurdi mengatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan di mana pasukan rezim Assad akan membantu mengusir serangan Turki yang sedang berlangsung di daerah kantong tersebut.

Langkah tersebut dapat menjadi langkah awal menuju pemulihan kehadiran rezim Suriah di sepanjang perbatasan dengan Turki, yang telah menjadi pendukung aktif penentang Presiden Bashar Assad dan mensponsori oposisi yang berjuang untuk mengusirnya selama perang saudara Suriah tujuh tahun.

Namun, Turki dalam beberapa tahun terakhir lebih fokus pada pembatasan pengaruh Kurdi di sepanjang perbatasannya.

Surat kabar Haberturk Turki mengatakan pasukan rezim Suriah diperkirakan akan ditempatkan di 52 lokasi dalam sepekan dan empat lokasi dalam dua hari ke depan.

Surat kabar tersebut mengklaim bahwa berdasarkan kesepakatan tersebut, YPG telah menyetujui untuk menyerahkan senjata berat yang dimilikinya. Koran ini tidak menyediakan sumber laporan.

Turki bulan lalu meluncurkan operasi militer yang dijuluki "Cabang Zaitun" yang didukung pejuang Suriah dengan pasukan darat dan serangan udara terhadap milisi Komunis Unit Perlindungan Rakyat Kurdi  (YPG), yang dipandang sebagai "teroris" oleh Ankara. (st/TNA)


latestnews

View Full Version