View Full Version
Jum'at, 23 Feb 2018

IUMS Kecam Pembantaian Warga Sipil Suriah oleh Rezim Teroris Assad di Ghouta Timur

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Persatuan Ulama Islam  Internasional (IUMS) yang bermarkas di Doha pada hari Kamis (22/2/2018) mengecam pemboman yang sedang berlangsung di distrik Ghouta, Suriah timur, sebuah daerah pinggiran Damaskus yang terkepung, menyebutnya sebagai pembantaian.

Sedikitnya 250 warga sipil dilaporkan terbunuh di sana dalam tiga hari terakhir.

"Kami menyerukan kepada negara-negara Arab dan Islam dan masyarakat internasional untuk mengambil tindakan segera untuk menghentikan pembunuhan massal dan menyelamatkan warga sipil yang tidak berdosa di Ghouta timur," menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh IUMS.

IUMS mengutuk "pembasmian Rezim Assad yang didukung oleh Rusia dengan senjata yang tidak dapat dilawan oleh orang-orang [Suriah]."

Sejak Selasa, pasukan rezim telah meningkatkan serangan terhadap Ghouta Timur menggunakan bom barel, tembakan artileri dan jenis senjata berat lainnya, menurut koresponden Badan Anadolu yang berada di wilayah tersebut.

Selama periode tiga hari, rezim tersebut dilaporkan telah melakukan 260 serangan terpisah di Ghouta Timur, menewaskan lebih dari 250 penduduk sipil di distrik tersebut.

Pada pembicaraan damai yang diadakan di ibukota Kazakhstan Astana pada bulan Mei tahun lalu, Turki, Rusia dan Iran menunjuk Ghouta Timur sebagai "zona de-eskalasi" di mana tindakan agresi akan secara tegas dilarang.

Namun demikian, Rusia - salah satu dari tiga negara penjamin kesepakatan - tidak pernah mencegah rezim Assad berulang kali melanggar persyaratan gencatan senjata tersebut.

Rumah bagi sekitar 400.000 penduduk sipil, Ghouta Timur tetap berada di bawah pengepungan rezim yang melumpuhkan selama lima tahun terakhir, yang telah membawa distrik tersebut ke ambang bencana kemanusiaan. (st/aa)


latestnews

View Full Version