View Full Version
Sabtu, 24 Feb 2018

Pemerintah Syi'ah Irak Tolak Permintaan Riyadh untuk Serahkan Tahanan Warga Saudi

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Pemerintah Syi'ah Irak telah menolak permintaan dari Riyadh untuk menyerahkan warga Saudi yang dipenjara karena tuduhan "teror", termasuk beberapa yang telah ditahan selama bertahun-tahun, Al-Araby Al-Jadeed melaporkan pada hari Jum'at (23/2/2018). Orang-orang Saudi - lebih dari 400 di antaranya, kata seorang pejabat - bersama dengan "ratusan" orang Arab dan Eropa lainnya, ditangkap saat pertempuran melawan Islamic State (IS) dan Al-Qaidah.

Permintaan dari pemerintah Saudi datang sepekan setelah negara itu menjanjikan $ 1,5 miliar (-+Rp 20 trilyun) selama konferensi donor yang diadakan di Kuwait City untuk membangun kembali negara yang dilanda perang tersebut. Irak bersikeras bahwa semua tahanan asing akan tunduk pada hukum Irak dan dihukum karenanya. Seorang juru bicara pemerintah di Baghdad, Saad Al-Hadithi, mengatakan bahwa para tahanan yang diperkirakan dibebaskan dari tuduhan teror akan diserahkan ke negara masing-masing.

Menteri Sosial Irak, sementara itu, mengungkapkan bahwa ada 500 istri pejuang IS bersama dengan 1.000 anak-anak yang ditahan di negara tersebut, semuanya warga negara asing. Mohamed Al-Sudani mengatakan bahwa anak-anak berusia sampai empat tahun akan tetap tinggal dengan ibu mereka, namun mereka yang berusia antara empat dan 14 tahun akan dipindahkan ke panti asuhan pemerintah dan tetap tinggal di sana sampai kesepakatan dicapai dengan kedutaan-kedutaan mereka tentang cara mengirim mereka ke rumah. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version