View Full Version
Kamis, 01 Mar 2018

AS Dirikan 20 Pangkalan Militer yang Dikuasai YPG di Suriah

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Amerika Serikat telah mendirikan sekitar 20 pangkalan militer di Suriah di wilayah yang dikuasai oleh milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi terkait PKK (YPG), seorang pejabat Dewan Keamanan Rusia mengatakan pada hari Kamis (1/3/2018), kantor berita RIA melaporkan.

Pejabat tersebut, Alexander Venediktov, seorang pembantu Sekretaris Dewan Keamanan Nikolai Patrushev, juga mengatakan Washington memasok YPG dengan senjata paling canggih, menurut RIA.

"Pengiriman senjata Amerika modern dan dorongan semangat sentimen separatis di dunia Kurdi secara praktis memicu Turki meluncurkan operasi militer di Suriah utara dekat Afrin," katanya.

YPG, di bawah kelompok payung Tentara Demokratik Suriah (SDF), telah dipersenjatai secara ketat dan dilengkapi oleh AS sebagai bagian dari perang melawan Islamic State (IS). AS terus menyebut kelompok tersebut sebagai mitranya meskipun Turki berargumentasi bahwa perang melawan kelompok teroris tidak dapat dilakukan dengan yang lain, merujuk pada afiliasi PKK di Suriah. Turki, AS dan Uni Eropa mencantumkan PKK sebagai kelompok teroris; Namun, sekutu Barat Washington dan Turki telah mengabaikan hubungan organik antara PKK dan PYD / YPG, yang tidak mencantumkan kelompok tersebut di Suriah sebagai kelompok teroris.

Turki pada 20 Januari meluncurkan Operasi Cabang Zaitun untuk menghapus YPG / PKK dan IS dari Afrin.

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut serta melindungi Suriah dari kekejaman dan penindasan teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah.

Otoritas militer dan Turki telah berulang kali mengatakan bahwa operasi tersebut hanya menargetkan unsur-unsur teroris dan "perhatian sepenuhnya" diambil untuk menghindari bahaya warga sipil manapun.

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi YPG sejak Juli 2012, ketika rezim Assad di Suriah meninggalkan kota itu ke kelompok teror tersebut tanpa perlawanan. (st/tds)


latestnews

View Full Version