View Full Version
Ahad, 04 Mar 2018

Pasukan Rezim Suriah Rebut Beberapa Bagian Ghouta Timur dari Oposisi

DAMASKUS, SURIAH (voa-islam.com) - Pasukan rezim Suriah mendapatkan lebih banyak wilayah di Ghouta Timur akhir pekan ini, ketika pasukan pro-Bashar al-Assad terus melakukan pemboman brutal terhadap daerah kantong oposisi di luar Damaskus tersebut.

Tepi timur pinggiran kota yang terkepung yang merupakan rumah bagi sekitar 400.000 orang, berada di bawah serangan tentara darat, termasuk pasukan Angkatan Darat Tiger, media dan aktivis melaporkan pada hari Sabtu dan Ahad (4/3/2018).

Pasukan rezim mengambil kendali hampir sepenuhnya kota al-Shayfouniya pada hari Sabtu, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Rezim teroris Assad - yang didukung oleh Rusia dan Iran - meningkatkan serangannya di provinsi tersebut dua pekan lalu dalam upaya untuk mendapatkan kembali salah satu dari wilayah oposisi terakhir yang dipegang di tepi ibukota.

Ghouta Timur - yang digambarkan sebagai "neraka di bumi" oleh kepala PBB - berada di bawah pengepungan yang didukung Rusia sejak 18 Februari, yang telah menewaskan lebih dari 600 orang dan melukai ribuan lainnya.

Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata 30 hari, atau "jeda kemanusiaan" yang dilakukan oleh Rusia tidak efektif dengan rezim Assad terus membombardir wilayah yang dikuasai oposisi di timur Damaskus.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok oposisi Jaisyul Islam mengatakan bahwa pejuangnya telah menarik diri dari dua wilayah karena pemboman yang hebat rezim Suriah dan Rusia.

Kelompok oposisi tersebut mengatakan pemimpin Suriah Bashar al-Assad dan Rusia melakukan kampanye "bumi hangus".

Tiga daerah lainnya disebutkan oleh sebuah layanan berita militer yang dijalankan oleh kelompok Syi'ah Hizbullata Libanon, yang dilaporkan ditangkap oleh tentara Suriah di perbatasan timur dan selatan daerah kantong tersebut.

Seorang sumber dari pusat media Ghouta mengatakan kepada al-Araby al-Jadeed bahwa rezim Bashar al-Assad meluncurkan lebih dari 30 serangan udara di kota Douma antara fajar hingga pukul 8:00 pagi pada hari Sabtu, melukai banyak warga sipil secara kritis dan merusak bangunan.

Mereka menambahkan bahwa pesawat tempur rezim menjatuhkan bom napalm membakar di kota Mesraba pada malam hari dan lagi di pagi hari, yang menyebabkan banyak warga sipil menderita luka bakar.

Meskipun usulan "gencatan senjata" lima jam yang diusulkan Rusia bertujuan untuk memungkinkan warga mengevakuasi Ghouta Timur dan untuk bantuan yang akan diberikan, tidak ada warga sipil yang dapat pergi karena bombardir yang tiada henti.

Konvoi bantuan juga belum bisa mengirim pasokan ke wilayah yang terkepung itu.

Pada hari Kamis, Departemen Luar Negeri AS menyebut rencana kemanusiaan Rusia sebagai "lelucon," dengan mengatakan bahwa penduduk tidak mempercayai rencana gencatan senjata yang diklaim Moskow.

Ghouta Timur berada di bawah pengepungan rezim yang menghancurkan sejak 2013, yang menyebabkan kekurangan makanan dan obat-obatan kronis yang telah membawa 400.000 penghuninya ke ambang kelaparan.

Banyak penduduk di Ghouta Timur khawatir daerah tersebut akan mengikuti kisah serupa seperti Aleppo Timur - yang, pada tahun 2016, mengalami serangan darat yang hebat setelah pemboman berat yang menyebabkan daerah tersebut akhirnya direbut berhasil kembali oleh rezim. (st/TNA) 


latestnews

View Full Version