View Full Version
Rabu, 07 Mar 2018

Erdogan: Resolusi Gencatan Senjata PBB untuk Suriah Tidak Bermakna

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Di tengah serangan bertubi-tubi rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad ke sejumlah wilayah di Suriah seperti Ghouta Timur, Presiden Turki pada Selasa mengatakan bahwa resolusi gencatan senjata PBB untuk Suriah tidak bermakna.

"Insiden yang terjadi di Ghouta Timur baru-baru ini sulit untuk dicerna, itu tidak sesuai dengan kemanusiaan," kata Erdogan kepada anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) pada Selasa kemarin (6/3/2018).

Menanggapi resolusi gencatan senjata PBB, Erdogan mengatakan, "Resolusi yang tidak pernah diterapkan tidak memiliki makna bagi kemanusiaan."

Erdogan menuding Dewan Keamanan PBB, yang mengeluarkan resolusi gencatan senjata selama 30 hari pada 24 Februari lalu telah memanipulasi kemanusiaan.

Sebelumnya, Erdogan juga mengkritik struktur Dewan Keamanan yang memiliki lima anggota tetap. "Dunia lebih besar dari lima," kata Erdogan

Meskipun Dewan Keamanan PBB telah mengadopsi resolusi gencatan senjata di Suriah, rezim Assad masih terus meluncurkan serangan ke Ghouta Timur yang terkepung dan menewaskan sekitar 756 orang dalam dua pekan terakhir, menurut agen pertahanan sipil White Helmets.

Rumah bagi sekitar 400.000 warga sipil, Ghouta Timur telah berada di bawah pengepungan rezim yang telah melumpuhkan kehidupan selama lima tahun terakhir. Pengepungan juga menghambat total akses kemanusiaan ke daerah tersebut.

Dalam delapan bulan terakhir, pasukan rezim telah memperketat pengepungan sehingga pengiriman makanan dan obat-obatan menjadi hampir tidak mungkin dilakukan.[fq/anadolu]


latestnews

View Full Version