View Full Version
Rabu, 07 Mar 2018

Pakistan Tembak Jatuh Drone Mata-mata India di Kashmir

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Militer Pakistan mengatakan mereka telah menembak jatuh pesawat pengintai India yang telah melanggar wilayah udara Pakistan di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa (6/3/2018) militer Pakistan mengatakan telah menembak jatuh kendaraan udara tak berawak di desa Chirikot ketika melakukan mata-mata di bagian Kashmir yang dikuasai India di sepanjang perbatasan dengan Pakistan yang dikenal sebagai Garis Kontrol.

Bangkai pesawat pengintai telah diambil, kata pernyataan tersebut.

Tidak ada reaksi segera dari India. Militer Pakistan mengatakan telah menargetkan empat pesawat tak berawak India selama setahun terakhir.

Kashmir telah dibagi antara India dan Pakistan namun diklaim sepenuhnya oleh keduanya sejak keduanya dipartisi dan memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947.

Kedua negara telah bertempur dalam tiga perang di wilayah yang disengketakan tersebut.

Meskipun ada kesepakatan gencatan senjata yang dicapai pada bulan November 2003, bentrokan sporadis berlanjut antara Pakistan dan India di Kashmir.

Perundingan damai antara kedua tetangga tersebut ambruk pada tahun 2008 menyusul serangan pejuang Lashkar-e-Taiba di Mumbai.

Selama beberapa bulan terakhir, ketegangan telah meningkat tinggi di wilayah Kashmir yang dikelola oleh India, di mana populasi mayoritas Muslim melakukan demonstrasi reguler menentang pemerintah India, menuntut otonomi dari New Delhi atau bergabung dengan Pakistan.

India juga secara teratur menuduh Pakistan mempersenjatai dan melatih jihadis dan membiarkan mereka melintasi perbatasan yang bergolak dalam upaya untuk melancarkan serangan terhadap pasukan India. Pakistan sangat membantah tuduhan tersebut. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version