View Full Version
Selasa, 20 Mar 2018

Kelompok HAM: 2017 Tahun Terburuk dalam Sejarah GAZA

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Direktur Pusat Hak Asasi Manusia Al-Mezan mengatakan pada hari Ahad (18/3/2018) bahwa 2017 adalah tahun terburuk dalam sejarah Jalur Gaza dalam hal kondisi politik, ekonomi, budaya, sosial dan kesehatan, Felesteen.ps telah melaporkan.

Issam Younis mengatakan kepada wartawan di wilayah yang terkepung bahwa hari-hari yang akan datang akan "lebih buruk lagi" jika pengepungan Israel tetap ada dan perpecahan orang Palestina tidak berakhir.

Younis menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menekan Israel agar tunduk pada hukum internasional dan mengangkat pengepungan 11 tahun di Gaza. Dia juga meminta Pemerintah Palestina untuk mengakhiri tindakan penghukumannya terhadap rakyat Gaza, termasuk memaksa karyawannya di wilayah tersebut untuk pensiun dini, mengurangi 50 persen gaji dan mengurangi pasokan listrik, obat-obatan dan peralatan medis. .

Menurut pejabat hak asasi manusia, jumlah warga Gaza yang menderita gangguan psikologis meningkat 21 persen pada 2017 dibandingkan dengan tahun 2016, dan tingkat orang yang berkonsultasi dengan psikiater meningkat 69 persen selama periode yang sama. Sementara itu, tingkat pernikahan menurun 10,8 persen dan keluarga yang ditanggung oleh perempuan meningkat sebesar 9,5 persen.

Selain itu, peneliti lapangan Mohamed Abu Jray mengatakan bahwa Palestina di Gaza saat ini sangat membutuhkan 102.000 apartemen perumahan. Sekitar 24.000 apartemen yang hancur selama perang Israel melawan warga sipil di wilayah itu antara tahun 2008 hingga 2014 masih perlu dibangun kembali. Meski demikian, hanya sekitar 53 persen dari rumah-rumah yang dihancurkan sepenuhnya oleh pendudukan Israel selama serangan terakhir pada Agustus 2014 yang cocok untuk tempat tinggal manusia.

Berkaitan dengan krisis ekonomi, staf Pusat menunjukkan bahwa ekspor dari Gaza menurun ke tingkat terendah mereka, dan memperkirakan kerugian bulanan akibat dari pengepungan mencapai $ 16 juta. Pengangguran di kalangan kaum muda, sementara itu, telah mencapai 60 persen; Di kalangan wanita jumlahnya 85 persen.

Hampir 1.000 hektar lahan pertanian telah rusak karena penggunaan pestisida beracun oleh Israel dan kurangnya pasokan listrik yang dapat diandalkan untuk tujuan irigasi. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version