View Full Version
Ahad, 25 Mar 2018

105.000 Warga Sipil Telah Lari dari Ghouta Timur yang Dibombardir Rezim Assad

DAMASKUS, SURIAH (voa-islam.com) - Lebih dari 105.000 warga sipil telah melarikan diri dari daerah kantong oposisi Ghouta yang semakin mengecil di dekat ibu kota Suriah yang telah diserang secara biadab oleh rezim selama sebulan terakhir, kantor berita negara Suriah SANA mengatakan pada hari Sabtu (24/3/2018).

SANA, mengutip sumber militer, mengatakan bahwa "lebih dari 105.000 warga sipil ... keluar dari Ghouta Timur sejauh ini" tetapi tidak memberikan rincian tambahan.

Televisi negara memberikan angka yang sama bagi mereka yang meninggalkan Ghouta Timur, yang populasinya diperkirakan mencapai 400.000, dan mengatakan mereka telah keluar melalui apa yang diklaim sebagai "koridor kemanusiaan" yang dibuka oleh pasukan Suriah, yang terkenal karena kejahatan mereka terhadap warga sipil, termasuk pemerkosaan dan penyiksaan selama perang.

Ini terjadi setelah kelompok oposisi terbesar kedua di Ghouta Timur Suriah mengumumkan gencatan senjata untuk bernegosiasi meninggalkan daerah kantong oposisi, ketika para pejuang dan keluarga mereka mulai meninggalkan daerah itu.

Faylaq al-Rahman akan mematuhi gencatan senjata pada tengah malam pada hari Kamis, media pro-rezim Suriah dan Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia melaporkan pada hari Kamis.

Serangan brutal rezim Suriah tanpa henti didukung oleh kekuatan udara Rusia yang dimulai bulan lalu telah menewaskan seribu lebih warga sipil ketika serangan udara menghantam daerah pemukiman di mana ribuan orang berlindung di ruang bawah tanah di seluruh daerah kantong padat penduduk.

Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW) mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah menerima beberapa laporan penggunaan senjata kimia di daerah Ghouta Timur Suriah, meskipun mengakui penyelidikan menyeluruh terhadap klaim tersebut akan sulit.

"Para ahli kami melihat mereka, tetapi jelas karena ini adalah daerah kantong, sangat sulit untuk memiliki akses ke informasi dan materi," klaim direktur jenderal OPCW.

Observatorium Suriah Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa klorin digunakan sebagai agen beracun di desa-desa selama serangan pemerintah untuk merebut kembali Ghouta Timur yang dikuasai oposisi.

Awal bulan ini, kepala Hak Asasi Manusia PBB mengatakan rezim brutal Assad mendalangi "kiamat" yang akan menyerang tempat lain menyusul krisis yang menghancurkan yang terjadi di kantong Ghouta Timur yang dikuasai pemberontak.

Dalam laporan tahunannya kepada Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, Zeid Raad al-Hussein mengatakan tindakan pemerintah di daerah itu "tidak berkelanjutan secara hukum dan moral", sementara peringatan mimpi buruk berikutnya bagi warga sipil Suriah akan segera tiba.

"Bulan ini, itu adalah Ghouta Timur yang, dalam kata-kata Sekretaris Jenderal, neraka di bumi; bulan depan atau bulan setelahnya, itu akan berada di tempat lain di mana orang menghadapi kiamat - kiamat yang dimaksudkan, direncanakan dan dilaksanakan oleh individu-individu dalam pemerintahan, tampaknya dengan dukungan penuh dari beberapa pendukung asing mereka, "kata Zeid kepada dewan. (st/TNA) 


latestnews

View Full Version