View Full Version
Ahad, 01 Apr 2018

Wakil Menlu Rusia Bertemu dengan Anggota Senior Hamas

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Wakil Menlu Rusia, Mikhail Bogdanov pada hari Jumat lalu bertemu dengan Wakil Ketua Biro Politik Hamas Abu Marzuk di ibukota Moskow.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia, Bogdanov menyatakan keprihatinan mendalam atas meningkatnya jumlah korban di Jalur Gaza.

Pertemuan itu terjadi beberapa jam setelah setidaknya 14 demonstran Palestina menjadi syuhada dan lebih dari 1.500 lainnya terluka oleh tembakan tentara Israel di dekat perbatasan Gaza.

Sejak pagi Jumat, puluhan ribu warga Gaza berkumpul di perbatasan timur sepanjang 45 kilometer itu dengan Israel untuk menegaskan kembali hak mereka kembali ke rumah leluhur mereka di Palestina yang bersejarah.

"Moskow menyerukan pada pihak Palestina dan Israel untuk menahan diri dan menghindari tindakan yang dapat membahayakan orang yang tidak bersalah", kata pernyataan Bogdanov.

Hanya beberapa jam sebelum pawai dimulai Jumat pagi lalu, seorang petani Palestina menjadi syuhada ketika sebuah peluru artileri Israel menghantam tanahnya di Jalur Gaza selatan.

Israel dilaporkan mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang perbatasan untuk mengantisipasi demonstrasi massa hari Jumat.

Dijuluki sebagai "Great Return March", demonstrasi itu juga dimaksudkan untuk menekan Israel agar mencabut blokade satu dasawarsa di Gaza.

Pawai telah didukung oleh hampir semua faksi politik Palestina, yang telah berulang kali menekankan sifat damai acara tersebut.[fq/worldbulletin]


latestnews

View Full Version