View Full Version
Senin, 02 Apr 2018

Hamas Serukan Liga Arab Tuntut Israel di Pengadilan Pidana Internasional

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh telah menyerukan Liga Arab untuk menuntut Israel di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Seruan itu datang saat panggilan telepon Haniyeh dilakukan pada hari Senin (2/4/2018) dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab yang berbasis di Kairo, Ahmed Abul-Gheit, untuk membahas praktik-praktik Israel melawan Palestina.

Pada hari Jum'at, setidaknya 17 warga Palestina tewas dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan Israel selama unjuk rasa menuntut kembalinya pengungsi di dekat perbatasan Jalur Gaza.

Haniyeh menggarisbawahi perlunya "untuk pergi ke Majelis Umum PBB untuk membahas kejahatan [Israel] dan membentuk komisi investigasi khusus", kantornya mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dewan Keamanan PBB mengadakan sesi pada hari Sabtu atas permintaan Kuwait untuk membahas situasi di perbatasan Gaza, tetapi Dewan gagal mengutuk kekerasan Israel terhadap demonstran Palestina menyusul blokade dari AS.

Menurut pernyataan itu, Abul-Gheit mengecam "kejahatan Israel terhadap peserta dalam demonstrasi damai".

Delegasi Liga Arab dijadwalkan bertemu pada hari Selasa di Kairo untuk membahas tindakan Israel terhadap Palestina.

Demonstrasi Jum'at adalah awal dari protes enam minggu yang memuncak pada 15 Mei, hari dimana orang Palestina menyebutnya sebagai "Nakba", atau "Malapetaka", ketika Israel diciptakan.

Para demonstran menuntut agar para pengungsi Palestina diperbolehkan hak untuk kembali ke kota-kota dan desa-desa yang keluarga mereka melarikan diri dari, atau diusir dari, ketika negara Israel diciptakan pada tahun 1948. (st/aa)


latestnews

View Full Version