View Full Version
Sabtu, 07 Apr 2018

Pasukan Afghanistan Klaim Tewaskan Komandan Penting Islamic State Wilayat Khurasan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pasukan Afghanistan membunuh seorang komandan penting Islamic State (IS) dalam sebuah serangan udara, satu tahun setelah dia membelot dari Taliban dan mendirikan pijakan baru IS di negara itu, kata para pejabat keamanan.

Qari Hekmat tewas dalam serangan pesawat tak berawak pada Kamis (5/4/2018) sore di distrik Darz Aab provinsi Jawzjan utara Afghanistan, kata Hanif Rezaee, juru bicara Tentara Nasional Afghanistan Korps Udara.

Dia mengatakan Mawlavi Habib Ur Rahman telah ditunjuk sebagai penerus IS di bagian utara negara itu.

Islamic State Wilayat Khurasan atau IKSP mendirikan pijakan baru di provinsi itu tahun lalu ketika Hekmat membelot dari Taliban, menarik perhatian pasukan AS.

IS mengaku bertanggung jawab atas bom jibaku bulan lalu di dekat masjid-masjid Syiah di Herat dan Kabul. Selain memerangi pemerintah yang didukung Barat di Kabul, afiliasi Islamic State ini juga kelompok pejuang Islam utama di Afghanista, Taliban.

Kelompok ini pertama kali muncul di Afghanistan tiga tahun lalu. Serta benteng utamanya di provinsi timur Nangarhar, di perbatasan dengan Pakistan, para pejuangnya telah aktif di Afghanistan utara. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version