View Full Version
Senin, 23 Apr 2018

Malaysia Rilis Foto Rekayasa Komputer Tersangka Pembunuh Ilmuan Palestina di Kuala Lumpur

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (voa-islam.com) - Polisi Malaysia telah merilis foto-foto buatan komputer dari dua orang yang diduga menembak mati seorang ilmuan Palestina di Kuala Lumpur, di tengah kecurigaan bahwa Mossad berada di belakang pembunuhan itu.

Dr. Fadi al-Bathasy, seorang dosen teknik, ditembak mati Sabtu pagi oleh dua penyerang yang menembak setidaknya 14 peluru dari sepeda motor ketika dia menuju ke sebuah masjid untuk sholat subuh di Kuala Lumpur.

Foto-foto para tersangka didasarkan pada deskripsi oleh saksi, kepala polisi Mohamad Fuzi Bin Harun mengatakan kepada wartawan pada hari Senin (23/4/2018).

Mereka menunjukkan dua tersangka berkulit terang yang mungkin orang Eropa atau Timur Tengah.

Kedua pria itu memiliki tinggi sekitar 180 cm dengan perawakan kokoh, kata kepala polisi, menambahkan peringatan telah dikeluarkan untuk mereka di semua titik keluar negara.

Kedua tersangka menaiki di motor bertenaga besar berwarna gelap yang bisa jadi BMW atau Kawasaki.

Hamas, gerakan perlawanan Palestina yang mengelola Jalur Gaza yang terkepung, telah mengatakan agen mata-mata Israel Mossad yang membunuh Bathasy.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi mengatakan pada hari Ahad bahwa para pembunuh itu diyakini orang Eropa yang memiliki hubungan dengan agen intelijen asing.

Ahmad Zahid mengatakan polisi akan bekerja dengan Interpol dan Aseanapol untuk melacak duo itu segera.

"Kami akan memberikan informasi tentang perkembangan kasus ini dari waktu ke waktu," katanya kepada wartawan pada hari Ahad.

Penyelidikan awal, katanya, menunjukkan bahwa dosen itu telah berangkat ke Turki Sabtu sore untuk menghadiri konferensi internasional.

Dia mengatakan dosen tersebut, yang merupakan insinyur listrik dan ahli membuat roket, telah aktif di LSM Islam yang memperjuangkan Palestina.

Korban diyakini telah menjadi target bagi rezim yang bermusuhan dengan Palestina, Ahmad Zahid menambahkan.

Pernyataannya datang setelah menteri Israel untuk urusan militer Avigdor Lieberman menepis anggapan bahwa ilmuan itu telah dibunuh oleh Mossad.

Lieberman mengklaim bahwa korban mungkin telah terbunuh sebagai bagian dari perselisihan internal Palestina. Israel telah membunuh atau mencoba untuk membunuh banyak anggota gerakan perlawanan yang berjuang untuk Palestina.

Hamas menggambarkan Bathasy sebagai anggota penting gerakan perlawanan, menuduh Mossad berada di balik pembunuhan itu. Ini disebut dia anggota "setia", dan "ilmuwan sarjana muda Palestina," yang membuat "kontribusi penting" dan berpartisipasi dalam forum internasional di bidang energi.

Pada 2010, Israel terlibat dalam skandal internasional ketika para agennya menggunakan paspor palsu Eropa dan Australia untuk membunuh tokoh senior Hamas Mahmoud al-Mabhouh di Uni Emirat Arab.

Para pengamat mengatakan kepada Reuters bahwa pembunuh Bathasy memiliki "fitur Eropa."

Para pembunuh Mabhouh memiliki paspor Eropa - satu dari Prancis, tiga dari Irlandia, enam dari Inggris, dan satu dari Jerman, menurut polisi Dubai. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version