View Full Version
Selasa, 01 May 2018

SIGAR: Jumlah Pasukan Keamanan Afghanistan Menurun Drastis

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban dan gerilyawan lainnya menguasai jumlah penduduk Afghanistan yang semakin meningkat dan kekuatan pasukan keamanan lokal telah menurun tajam, sebuah kelompok pengawas pemerintah AS memperingatkan Selasa (1/5/2018).

Laporan terbaru dari Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR) melukiskan gambaran suram tentang situasi keamanan di negara yang dilanda perang itu, dan datang bahkan ketika Pentagon menegaskan bahwa pasukan Afghanistan dan pasukan NATO yang dipimpin AS membuat kemajuan yang signifikan dalam konflik 16,5 tahun yang melelahkan tersebut.

Menurut SIGAR, kekuatan pasukan keamanan Afghanistan turun sekitar 10 persen selama satu tahun - jatuh ke ukuran total 296.409 personil di angkatan bersenjata dan kepolisian pada 31 Januari.

Para jihadis termasuk Taliban dan Islamic State (IS) telah meningkatkan serangan mereka terhadap tentara dan polisi Afghanistan yang terkepung dalam beberapa bulan terakhir, melemahkan moral yang sudah dilanda desersi dan korupsi.

Pasukan AS digunakan untuk menyediakan SIGAR dengan jumlah pasukan Afghanistan yang tewas - angka-angka itu lebih dari 5.000 setiap tahun - tetapi informasi itu sekarang diklasifikasikan atas permintaan pemerintah Afghanistan.

Pada saat yang sama, Taliban dan kelompok-kelompok pejuang lainnya sekarang mengendalikan atau mempengaruhi 14,5 persen dari 407 distrik di Afghanistan - tingkat tertinggi sejak SIGAR mulai merekam data tersebut pada akhir 2015.

Pemerintah, sementara itu, menguasai 56,3 persen dari kabupaten, dengan sisanya dianggap "diperebutkan."

Ukuran penduduk yang bervariasi dari setiap distrik berarti bahwa sejak Agustus 2016, pemerintah Afghanistan mengendalikan penduduknya telah menurun.

"Tren keseluruhan untuk pemberontakan meningkat kontrol atas penduduk (dari sembilan persen pada Agustus 2016 menjadi 12 persen pada Januari 2018)," kata laporan SIGAR.

Dokumen itu juga menemukan meningkatnya jumlah kematian warga sipil karena angkatan udara Afghanistan telah meningkatkan operasinya sementara NATO telah mengurangi serangan udaranya.

Fakta-fakta di lapangan tersebut melukiskan narasi yang berbeda dari yang didorong oleh Pentagon, yang mengklaim bahwa Taliban mulai lelah dan sekarang memiliki elemen yang bersedia bernegosiasi untuk perdamaian. (st/AFP)


latestnews

View Full Version