View Full Version
Rabu, 09 May 2018

Bendera AS Dibakar Saat Sidang Parlemen Iran

TEHERAN (voa-islam.com) - Anggota parlemen Iran pada Rabu hari ini (9/5/2018) memprotes keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menarik partisipasi AS dari kesepakatan nuklir.

Dalam sidang parlemen, mereka meneriakkan slogan "Death to America" dan membakar bendera AS, serta selembar kertas perjanjian yang mewakili perjanjian nuklir.

Ketua Parlemen Iran Ali Larijani mengecam keputusan Trump dengan mengatakan "otak Trump tidak punya kapasitas untuk menyelesaikan masalah ini".

"Organisasi Energi Atom Iran harus benar-benar siap untuk memulai aktivitasnya kembali," ujar Larijani, seperti dilansir Anadolu Agency.

Trump - yang mengabaikan tekanan dari sekutu terdekat AS di Eropa - pada Selasa menarik AS dari perjanjian nuklir yang dicapai oleh Iran dengan enam kekuatan dunia pada 2015.

Menjelang tenggat waktu 12 Mei, Trump memutuskan untuk tidak memperpanjang sanksi ringan untuk Iran, dan malah bertekad untuk memberlakukan kembali sanksi ekonomi terkait nuklir.

Perjanjian nuklir 2015 menempatkan pembatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada program nuklir Iran dengan imbalan miliaran dolar dalam bentuk bantuan dari sanksi internasional, namun Trump secara konsisten mencercanya sejak dia mencalonkan diri sebagai presiden. Dia berulang kali menyebut kesepakatan itu sebagai "kesepakatan terburuk" yang pernah ada.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version