View Full Version
Rabu, 09 May 2018

Lembaga Kemanusiaan Turki Pasang Panel Surya di Kamp-kamp Pengungsi Rohingya

COX'S BAZAAR, BANGLADESH (voa-islam.com) - Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki (IHH) telah memasang panel energi matahari pada 5.795 rumah bambu yang dibangun untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Menurut pernyataan oleh yayasan, Rohingya telah diberi listrik untuk pertama kalinya di kamp-kamp tersebut.

IHH berencana membangun 7.205 rumah bambu, selain jalur pejalan kaki, tangga, pekerjaan penghijauan dan pekerjaan pengumpulan sampah yang dibangun di daerah di mana rumah-rumah ini berada.

Menurut pernyataan badan tersebut, setiap rumah memiliki dua kompartemen dan dapur, penutup lantai built-in, bahan penghidupan, tiga anyam-anyaman, panel energi surya dan kompor jenis cerobong asap.

Setiap rumah - yang berukuran antara 16-19 meter persegi - dibangun dengan bambu dan kanvas untuk menahan hujan musim hujan, tambah pernyataan itu.

Rumah-rumah yang dibangun oleh IHH telah dicontohkan oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) PBB untuk organisasi non-pemerintah lainnya yang terlibat dalam pekerjaan kemanusiaan.

Badan ini berencana untuk memperluas jumlah rumah bambu - yang terletak di kamp Jamtoly, Shafiullah Kata dan Gundum di Cox Bazar - hingga mencapai 13.000, kata pernyataan itu.

IHH - yang melakukan berbagai kegiatan pertolongan untuk Rohingya sejak 1996 - memberi manfaat bagi hampir 835.000 Rohingya sejak 24 Agustus.

Badan ini memberikan bantuan bantuan di bidang kesehatan, rumah tinggal sementara, pendidikan dan rehabilitasi sambil membagikan juga bantuan dalam bentuk makanan, air, anak-anak kebersihan dan pakaian.

Sejak 25 Agustus 2017, sekitar 750.000 Rohingya, sebagian besar anak-anak dan perempuan, melarikan diri dari Myanmar ketika pasukan pemerintah dan Budha radikal melancarkan tindakan keras terhadap komunitas Muslim minoritas, menurut Amnesty International.

Setidaknya 9.000 Rohingya tewas di negara bagian Rakhine dari 25 Agustus hingga 24 September, menurut Doctors Without Borders.

Dalam laporan yang diterbitkan pada 12 Desember, organisasi kemanusiaan global mengatakan kematian 71,7 persen atau 6.700 orang Rohingya disebabkan oleh kekerasan. Mereka termasuk 730 anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat karena puluhan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

PBB telah mendokumentasikan perkosaan massal, pembunuhan - termasuk bayi dan anak kecil - pemukulan brutal, dan penghilangan paksa yang dilakukan oleh personel keamanan. Dalam laporannya, penyelidik PBB mengatakan bahwa pelanggaran tersebut mungkin merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan. (st/aa)


latestnews

View Full Version