View Full Version
Kamis, 10 May 2018

Balas Serangan Roket IRGC, Israel Bombardir Pangkalan Militer Iran di Suriah

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Militer Israel melakukan serangan balasan besar-besaran terhadap sasaran-sasaran dan pangkalan militer Syi'ah Iran di Suriah pada Kamis (10/5/2018) pagi setelah pasukan Syi'ah Iran menembakkan 20 roket ke pos-pos tentara Zionis di Dataran Tinggi Golan semalam.

Israel mengaitkan serangan Iran tersebut dengan anggota pasukan Quds dari Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC). Tidak ada cedera yang dilaporkan sebagai akibat pemogokan di wilayah Israel. Beberapa roket dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome.

Serangan balik, kata tentara, sedang dilakukan oleh pesawat jet Angkatan Udara dan beberapa serangan mencapai sasaran jauh di dalam Suriah. Militer memperingatkan Suriah untuk tidak menggunakan rudal anti-tank terhadap pesawat-pesawatnya, mengatakan bahwa jika mereka dikerahkan, IDF juga akan menyerang aparatus anti-tank Suriah.

Sebuah sumber di lembaga keamanan Israel mengatakan serangan ini adalah yang terbesar yang dilakukan oleh Israel sejak menandatangani perjanjian pelepasan dengan Suriah pada Mei 1974.

Laporan media asing mengklaim bahwa ada beberapa korban akibat serangan Israel. Media pemerintah Suriah mengklaim Israel menyerang situs radar Suriah.

"Pertahanan udara Suriah menghadapi gelombang baru roket agresi Israel dan menjatuhkan mereka satu demi satu," kantor berita negara SANA mengklaim.

Televisi pemerintah Suriah menyiarkan rekaman pertahanan udara yang menembaki roket-roket yang masuk dan memainkan lagu-lagu patriotik. Dikatakan bahwa pesawat tempur Israel menembakkan roket dari luar perbatasan Suriah dan menargetkan Kota Baath di provinsi Quneitra.

Menurut laporan setempat di daerah Golan, beberapa sasaran yang diserang oleh tentara Israel adalah pos-pos tentara serta milisi Syi'ah Iran dan Hizbullata Libanon di Golan Suriah, dekat perbatasan dengan Israel. Laporan-laporan mengatakan bahwa roket yang menghantam Israel semalam ditembakkan dari pos-pos itu.

Militer Israel lebih lanjut menyatakan bahwa serangan itu secara khusus menargetkan pos Iran di Suriah dan tidak di Libanon; oleh karena itu, penilaian keamanan menunjukkan bahwa pergolakan tidak akan tumpah ke Libanon.

Meskipun demikian, tentara sedang mempersiapkan opsi bahwa Syi'ah Hizbullta akan mencoba untuk campur tangan dalam tembak-menembak dan menyerang dari dalam Libanon.

Tentara memperingatkan bahwa setiap upaya oleh Iran untuk menyakiti Israel akan bertemu dengan tanggap Israel yang keras.

Juru bicara militer untuk media Arab mengatakan bahwa "angkatan udara Israel saat ini menyerang target Iran di Suriah. Setiap upaya Suriah untuk menanggapi akan bertemu dengan reaksi keras Israel."

Laporan Suriah semalam mengatakan bahwa Suriah mencegat beberapa rudal yang ditembakkan Israel dalam rentetan tembakan sebelumnya dan menggambarkan suara ledakan berulang dekat Damaskus.

Militer mengatakan, penilaian intelijen awal pekan ini mengantisipasi bahwa setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa ia mundur dari perjanjian nuklir Iran, Israel kemungkinan akan menjadi sasaran serangan roket dan Iran akan mencoba membalas.

Namun, tentara telah memperkirakan bahwa serangan semacam itu tidak akan mengarah ke perang penuh. Teheran telah mengeluarkan beberapa ancaman selama sebulan terakhir, sesumbar bahwa mereka akan melukai Israel sebagai tanggapan atas serangan-serangan yang dianggap berasal dari angkatan udara Israel. Serangan terakhir, yang dilakukan pada 9 April, menewaskan tujuh orang Iran di markas angkatan udara Suriah T4.

Selama bulan lalu ketegangan telah tinggi di sepanjang perbatasan Israel dengan Suriah dan tentara telah meningkatkan langkah-langkah keamanan di daerah itu, menyebarkan lebih banyak sistem pertahanan Iron Dome di seluruh wilayah utara.

Setelah tembakan roket dilaporkan Rabu malam, Juru Bicara IDF Ronen Manelis mengatakan kepada wartawan bahwa serangan itu dilakukan oleh anggota pasukan Quds Iran dan bahwa Israel memandang insiden itu dengan serius. Angkatan Darat saat ini sedang menilai situasi dan mempertimbangkan apakah akan memberikan lebih banyak instruksi kepada warga Israel di daerah itu untuk ditangkis jika situasinya meningkat lebih lanjut.

Ini adalah pertama kalinya Israel menuduh Iran menembak ke arah wilayah Israel. Selama tembakan ganas Perang Sipil Suriah melanda Golan beberapa kali; biasanya organisasi lokal di Suriah selatan yang berafiliasi dengan Syi'ah Iran, Hizbullata dan rezim Assad berada di balik serangan tersebut. Serangan yang dipimpin Iran ini di wilayah Israel, bagaimanapun, adalah yang paling luas dari jenisnya sampai saat ini.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan Rabu bahwa Israel telah menyerang target militer Suriah di pinggiran Quneitra di Dataran Tinggi Golan.

Tak lama kemudian, sirene peringatan terdengar di komunitas di utara dan pusat Dataran Tinggi Golan di Israel utara. The Home Front Command merilis pengingat tentang peraturan keselamatan untuk penduduk daerah; beberapa dilaporkan mendengar ledakan.

Dewan Daerah Golan mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa beberapa kota di Golan menjadi sasaran serangan roket dan bahwa penduduk kota-kota tersebut diminta untuk tinggal di tempat penampungan sampai diberitahu sebaliknya.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS menanggapi eskalasi pada hari Rabu, mengatakan kepada Haaretz bahwa Departemen Luar Negeri ingin mengulangi pernyataan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dari pekan lalu di mana ia menekankan dukungan AS terhadap Israel terhadap ancaman Iran.
"Kami berdiri dengan Israel dalam perang melawan kegiatan memfitnah Iran dan kami sangat mendukung hak berdaulat Israel untuk membela diri. Jika benar [bukti yang diberikan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengenai aktivitas nuklir Iran dalam beberapa tahun terakhir], ini hanya mendorong keputusan kami untuk mengakhiri JCPOA. Iran akan menunjukkan kepada dunia bahwa itu adalah niat yang benar. Janganlah ada keraguan. "

Serangan ini datang di tengah-tengah laporan Suriah Selasa menuduh Israel melakukan serangan terhadap pangkalan militer di selatan Damaskus, yang digunakan oleh pasukan Syi'ah Iran. Menurut laporan, jet tempur Israel memasuki wilayah udara Suriah dan menyerang rudal Iran yang ditujukan ke Israel. (st/Haaretz)


latestnews

View Full Version