View Full Version
Ahad, 13 May 2018

Israel Tutup Satu-satunya penyebrangan Bahan Bakar dan Makanan ke Gaza

 JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Satu-satunya penyeberangan barang antara Gaza dan Israel ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut pada hari Sabtu (12/5/2018), para pejabat Israel dan Palestina mengatakan, setelah para pengunjuk rasa Palestina dilaporkan mengobrak-abriknya.

Menurut klaim tentara Israel, sisi Palestina dari penyeberangan Karem Shalom di Gaza selatan rusak parah oleh puluhan demonstran pada Jum'at malam, selama satu hari protes di sepanjang perbatasan.

Satu warga Palestina ditembak mati oleh pasukan Israel pada hari sebelumnya, sehingga 53 orang Palestina tewas sejak unjuk rasa Bulan Maret kembali dimulai pada 30 Maret.

"Persimpangan akan tetap tertutup sampai kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan diperbaiki dan akan dibuka kembali sesuai dengan penilaian situasi," kata pernyataan militer, mengatakan terminal bahan bakar di persimpangan telah "benar-benar tidak dapat digunakan".

Mereka menuduh para pengunjuk rasa "berada di bawah perlindungan Hamas", kelompok Islam yang menjalankan jalur Gaza, tanpa memberikan bukti.

Badan Palestina yang bertanggung jawab atas koordinasi di persimpangan itu mengkonfirmasi penutupan.

Kerem Shalom adalah satu-satunya persimpangan terbuka untuk mengangkut barang masuk dan keluar dari Gaza, termasuk bahan bakar dan makanan. Sebuah penyebrangan untuk orang yang terpisah di Gaza utara tetap terbuka.

Secara terpisah Mesir membuka perbatasannya dengan Gaza - satu-satunya yang tidak dengan Israel - selama empat hari dari Sabtu.

Gaza adalah salah satu wilayah yang paling padat penduduknya di planet ini, dengan dua juta orang Palestina berdesakan di wilayah seluas hanya 362 kilometer persegi - dan tidak dapat pergi.

Sejak 1967, Jalur Gaza telah diduduki dengan cara yang hampir sama dengan Tepi Barat saat ini, dengan pangkalan militer dan permukiman militer Israel mengotori wilayah tersebut.

PBB telah memperingatkan bahwa warga Gaza "tidak akan dapat hidup" pada 2020 karena blokade darat dan laut Israel, yang dimulai setelah Hamas mengambil alih Jalur Gaza pada 2007.

Puluhan ribu warga Palestina diperkirakan akan melakukan protes di sepanjang perbatasan Israel pada hari Senin terhadap pemindahan kedutaan AS ke Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version