View Full Version
Senin, 14 May 2018

AS Tetap Lanjutkan Pembukaan Kedubes Baru di Yerusalem, Upacara Peresmian Dimulai Senin Ini

YERUSALEM, PALESTINA (voa-islam.com) - Upacara untuk meresmikan kedutaan kontroversial Amerika Serikat di Yerusalem dimulai pada hari Senin (14/5/2018) setelah bentrokan mematikan di sepanjang perbatasan Jalur Gaza dengan Israel pada hari sebelumnya dan masih berlangsung hingga kini.

Upacara pemindahan kedutaan AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem dimulai dengan lagu kebangsaan AS.

Duta Besar AS untuk Israel David Friedman kemudian berbicara dan Presiden Donald Trump diberi tepuk tangan meriah ketika dia menyebutkannya.

Friedman merujuk ke lokasi kedutaan itu sebagai "Yerusalem, Israel", dengan mengundang tepuk tangan meriah.

Sebelumnya pada hari itu, bentrokan dengan kekerasan meletus di sepanjang perbatasan Jalur Gaza, menyebabkan 37 warga Palestina tewas akibat tembakan Israel dan ratusan lainnya terluka dalam hari paling berdarah dalam beberapa tahun.

Puluhan ribu berkumpul di dekat perbatasan sebagai protes sementara sejumlah kecil orang Palestina yang melempar batu mendekati pagar dan berusaha menerobos, dengan penembak jitu Israel diposisikan di sisi lain.

Wakil Menteri Luar Negeri AS John Sullivan memimpin delegasi Washington pada pelantikan yang juga termasuk putri Trump Ivanka dan suaminya Jared Kushner, keduanya pembantu Gedung Putih, serta Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Sekitar 800 tamu menghadiri upacara tersebut.

Status Yerusalem mungkin adalah masalah paling sulit dalam konflik Israel-Palestina.

Israel menganggap seluruh kota ibukotanya, sementara Palestina melihat Jerusalem timur sebagai ibu kota negara masa depan mereka. (st/AFP)


latestnews

View Full Version