View Full Version
Selasa, 15 May 2018

Taliban Berusaha Rebut Ibukota Provinsi Farah dari Pasukan Afghanistan

FARAH, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pejuang Taliban di Afghanistan telah menyerang ibukota Provinsi Farah di sebelah barat dalam upaya untuk merebut kota itu.

Anggota dewan provinsi setempat Jamila Amini mengatakan dari dalam kota pada hari Selasa (15/2018) bahwa pejuang Taliban telah menyerang kota sekitar tengah malam, menangkap satu distrik dan bagian lain.

Amini mengatakan serangan udara pemerintah telah dipanggil untuk membantu pasukan darat.

"Pertempuran sengit terus terjadi di dalam kota, dan pesawat baru saja mulai membombardir posisi Taliban," katanya.

Bala bantuan, termasuk unit komando, juga telah dikerahkan ke kawasan itu, tambahnya.

Amini lebih lanjut mengatakan bahwa setidaknya satu konvoi tentara telah dihantam oleh seorang pembom dengan sepeda motor, menyebabkan korban.

Sementara itu, Mohammad Radmanish, juru bicara Kementerian Pertahanan di Kabul, mengatakan dua pasukan Afghanistan telah tewas dan empat orang terluka.

Taliban merilis sebuah pernyataan yang memperingatkan warga untuk tetap berada di dalam rumah mereka.

Para anggota Taliban telah meningkatkan serangan mereka sebagai bagian dari serangan musim semi mereka.

Provinsi Farah yang terpencil dan jarang penduduknya, yang berbatasan dengan Iran, telah menjadi medan pertempuran utama bagi jihadis selama berbulan-bulan, dengan pertempuran sengit di Balabuluk.

Farah menjadi lebih penting bagi Taliban karena pemerintah berencana membangun saluran pipa bernilai miliaran dolar di provinsi itu, yang juga melibatkan Turkmenistan, Pakistan, dan India. Provinsi ini telah menjadi tempat beberapa serangan profil tinggi di masa lalu. (st/ptv) 

Share this post..

latestnews

View Full Version