View Full Version
Rabu, 16 May 2018

Saudi Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Hari Kamis

JEDDAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi akan memulai hari pertama puasa pada hari Kamis (17/5/2018) besok, menyusul tidak terlihatnya bulan sabit awal Ramadhan pasa saat pengamatan hari Selasa.

Arab News melaporkan hari Rabu (16/7/2018) bahwa para pengamat bulan Arab Saudi mengatakan tidak nampak bulan sabit Ramadan pada hari Selasa, yang berarti jutaan umat Islam akan memulai bulan suci pada hari Kamis.

Menurut laporan di televisi negara Arab Saudi, cuaca buruk membuat observasi bulan sabit menjadi sulit. Kerajaan dan negara-negara Muslim lainnya, seperti Indonesia, menyatakan Ramadhan tidak akan dimulai pada hari Rabu berdasarkan pengamatan oleh komite penglihatan bulan.

Dunia Islam mengikuti kalender lunar, dan metodologi penglihatan bulan tradisional dapat mengarah ke berbagai negara yang menyatakan awal Ramadhan satu atau dua hari terpisah.

Tahun ini, Ramadhan jatuh pada hari-hari musim panas yang panjang bagi umat Islam di belahan bumi utara. Bagi Muslim yang tinggal di daerah di mana Islam bukanlah agama yang dominan, tantangan puasa diyakini datang dengan berkah yang lebih besar.

Puasa selama Ramadhan adalah salah satu dari lima pilar wajib Islam, bersama dengan deklarasi iman Muslim atau syahadat, shalat, zakat - dan melakukan ziarah Haji di Mekkah. (st/an)

Share this post..

latestnews

View Full Version