View Full Version
Ahad, 03 Jun 2018

70 Pemberontak Syi'ah Houtsi Tewas dalam Pertempuran di Barat Yaman

HODEIDAH, YAMAN (voa-islam.com) - Setidaknya 70 pemberontak Syi'ah Houtsi dilaporkan tewas pada hari Ahad (3/6/2018) dalam serangan udara oleh koalisi pimpinan Saudi dan bentrokan dengan pasukan pemerintah di barat Yaman.

Jet tempur dan artileri koalisi menyerang posisi dan pertemuan pemberontak kaki tangan Iran itu di pantai barat Yaman, Emirates News Agency (WAM) melaporkan.

Kantor berita itu mengatakan serangan itu telah memaksa para pemberontak kabur melarikan diri, meninggalkan senjata mereka di belakang.

Sementara itu, pasukan pemerintah Yaman dilaporkan maju di provinsi Al-Hodeidah menuju bandara dan pelabuhan strategis di daerah itu, kata WAM.

Pasukan pemerintah telah berhasil menangkap 21 pemberontak Syi'ah selama operasi di Al-Hodeidah, katanya.

Tidak ada komentar dari kelompok pemberontak Syi'ah Houtsi tentang laporan tersebut.

Yaman yang miskin telah didera kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak Syi'ah Houtsi menguasai sebagian besar negara berpenduduk mayoritas Sunni tersebut, termasuk ibukota Sana'a.

Konflik meningkat pada tahun 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Sunni-Arabnya - yang mengatakan pemberontak Syi'ah Houtsi bertugas sebagai proxy Iran - meluncurkan kampanye besar-besaran di Yaman yang bertujuan untuk membalikkan keuntungan Houtsi.

Kekerasan telah menghancurkan infrastruktur dasar Yaman, termasuk sistem air dan sanitasi, yang mendorong PBB untuk menggambarkan situasi sebagai "salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern". (st/aa)


latestnews

View Full Version