View Full Version
Senin, 04 Jun 2018

MoI: Taliban Luncurkan Operasi Militer di Seluruh Wilayah Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban beroperasi di semua wilayah Afghanistan dan korban di kalangan polisi Afghanistan telah meningkat, menurut Kementerian Dalam Negeri (MoI).

Pernyataan-pernyataan Kementerian Dalam Negeri tersebut mengkonfirmasi pelaporan oleh Long War Journal FDD dan bertentangan dengan pengarahan pers baru-baru ini oleh Jenderal John Nicholson, komandan dari Dukungan Tegas dan Pasukan AS - Afghanistan.

Taliban telah meluncurkan "serangan militer di berbagai front di seluruh negeri" dan pasukan keamanan "sedang menghadapi gerilyawan sebagai bagian dari operasi pra-direncanakan mereka di setidaknya 14 provinsi," TOLONews melaporkan  Ahad (3/6/2018) berdasarkan pernyataan yang dibuat oleh juru bicara untuk MoI.

“Tahun ini aktivitas musuh telah meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jumlah operasi kami juga menunjukkan bahwa tahun ini jumlah korban sayangnya juga meningkat, ”kata juru bicara Departemen Dalam Negeri Najib Danish, menurut TOLONews.

TOLONews mengatakan bahwa sumbernya di dalam Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa "saat ini rata-rata 50 anggota pasukan keamanan dibunuh dan terluka setiap hari."

Pernyataan Danish bahwa Taliban beroperasi di semua wilayah negara itu menegaskan laporan pertengahan Mei yang diterbitkan oleh Long War Journal FDD. Dalam laporan itu, LWJ menetapkan bahwa Taliban telah menargetkan pasukan pemerintah Afghanistan di hampir semua 34 provinsi Afghanistan, ketika militer berfokus pada ancaman Taliban di Helmand dan Kandahar. Selain itu, LWJ melaporkan, berdasarkan pernyataan dari Kementerian Pertahanan Afghanistan, bahwa Taliban secara langsung mengancam tujuh ibu kota provinsi.

Selain itu, konfirmasi Departemen Pertahanan bahwa Taliban sedang menyerang didukung oleh data yang dikumpulkan oleh LWJ tentang status distrik Afghanistan. Saat ini Taliban mengendalikan atau menguasai 60 persen dari 407 distrik di Afghanistan.

Pernyataan-pernyataan ini secara langsung bertentangan dengan penilaian yang sangat optimis tentang situasi di Afghanistan yang diberikan oleh Nicholson, serta pernyataan oleh Juru Bicara Pentagon Dana White, yang menggambarkan Taliban sebagai "putus asa," dan mengatakan mereka "telah kehilangan landasan" dan "tidak memiliki inisiatif." (st/lwj)


latestnews

View Full Version