View Full Version
Selasa, 05 Jun 2018

SOHR: Serangan Pejuang IS Tewaskan 45 Pasukan Rezim Assad di Lembah Efrat

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Serangan oleh pejuang Islamic State (IS) di Suriah timur telah menyebabkan setidaknya 45 pejuang pro-rezim tewas, sebuah kelompok pemantau mengatakan Selasa (5/6/2018).

Pejuang IS meluncurkan operasi hari Ahad terhadap desa-desa Lembah Efrat yang direbut tahun lalu oleh pasukan pemerintah dan sekutu mereka, dan telah merebut kembali empat dari mereka, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

Desa-desa tersebut terletak di jalan antara ibu kota provinsi Deir Al-Zor dan kota Albu Kamal, yang terletak lebih ke selatan di perbatasan dengan Irak.

Di dekat desa-desa itu terdapat kota kecil Hajin, hub berpenduduk tunggal terbesar yang masih di bawah kendali pejuang IS.

Kepala observatorium Rami Abdel Rahman mengatakan setidaknya 26 pejuang IS juga meninggal sejak pertempuran "sengit" dimulai pada hari Ahad.

Dia mengatakan belum ada intervensi oleh pesawat Rusia yang mendukung pasukan pro-pemerintah di daerah itu.

Observatorium mengatakan korban di pihak pro-rezim sebagian besar pejuang dari milisi Syi'ah yang hadir di daerah itu, termasuk kelompok-kelompok Syi'ah dari Irak, Afghanistan dan Hizbullata Libanon.

Kantong-kantong kecil yang dikendalikan oleh IS di daerah itu adalah sisa terakhir dari kekhalifahan diproklamasikan atas sebagian besar Suriah dan Irak pada tahun 2014.

Serangkaian kemenangan oleh pasukan rezim Assad yang didukung Rusia dan pasukan Komunis Kurdi yang didukung AS telah menghancurkan kekhalifahan, tetapi ribuan jihadis yang bertahan hidup bertahan di bagian terpencil Lembah Eufrat. (st/ahram)


latestnews

View Full Version