View Full Version
Jum'at, 15 Jun 2018

Gencatan Senjata Dimulai, Suasana Idulfitri di Afghanistan Berlangsung Damai

KABUL (voa-islam.com) - Afganistan pada hari Jumat ini (15/6/2018) memulai hari raya Idulfitri dalam suasana damai, ketika pihak-pihak yang bertikai di negara yang dilanda konflik itu sepakat untuk gencatan senjata dalam konflik yang sudah berlangsung 17 tahun tersebut.

Berbicara pada pertemuan di Arg (istana presiden) setelah shalat Ied, Presiden Mohammad Ashraf Ghani mengatakan pemerintah siap untuk mengambil langkah lebih lanjut menuju proses perdamaian yang dipimpin Afghanistan. Dia juga menyatakan harapannya bahwa gencatan senjata akan mengakhiri pertumpahan darah di negara itu.

"Ada dukungan kuat dan konsensus mengenai proses perdamaian di antara warga Afghanistan, negara ini siap untuk melanjutkan dukungannya untuk perdamaian dengan biaya apapun, dan pemerintah siap untuk mengambil langkah-langkah dalam hal ini atas kehendak bangsa," kata Ghani, seperti dilaporkan Anadolu Agency.

Sebagai tanggapan terhadap gencatan senjata pemerintah, gencatan senjata tiga hari Taliban juga mulai berlaku hari ini. Dalam pesan Ied nya, pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada menyerukan pembicaraan langsung dengan AS, melewati pemerintah Kabul.

"Jika para pejabat Amerika benar-benar percaya pada akhir yang damai terhadap imbroglio Afghanistan, maka mereka harus secara langsung menampilkan diri ke meja perundingan," katanya, menambahkan bahwa "kesalahan" terbesar Amerika adalah mereka mendekati setiap masalah dengan "keras kepala."[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version