View Full Version
Ahad, 24 Jun 2018

Laporan: Syi'ah Houtsi Baru Bersedia Serahkan Pelabuhan Hodeidah ke PBB Setelah Hampir Kala

HODEIDAH, YAMAN (voa-islam.com) - Pemberontak Syi'ah Houtsi telah menyatakan kesediaan mereka untuk menyerahkan pelabuhan Hodeidah ke PBB, sementara pasukan Yaman yang didukung oleh Aliansi Arab mendekati untuk merebut kendali atas pelabuhan tersebut.

Pemerintah Yaman, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab telah menerima proposal PBB sebelumnya untuk menyerahkan administrasi pelabuhan ke PBB untuk menghentikan penyelundupan senjata dan rudal Iran ke Yaman melalui pelabuhan, dan untuk menyelamatkan wilayah tersebut dari pilihan konfrontasi militer, tetapi pemberontak Syi'ah Houtsi secara pongah menolak.

Bagaimanapun, ketika pasukan Yaman mendekati pelabuhan dan menguasai sekitar bandara Hodeidah, situasi militer milisi kaki tangan Iran tersebut menjadi sangat kritis, mendorong mereka untuk memulai negosiasi serah terima dan pergi.

Utusan khusus PBB untuk Yaman, "Martin Griffith" pergi ke ibukota Yaman Sana'a beberapa hari yang lalu dan kemudian pergi ke Arab Saudi dalam upaya untuk bernegosiasi untuk mencari solusi.

Reuters mengutip sumber diplomatik PBB yang mengatakan bahwa pemberontak Syi'ah Houtsi telah mengisyaratkan bahwa mereka akan menerima kontrol penuh PBB atas manajemen dan inspeksi pelabuhan.

Berdasarkan perjanjian tersebut, karyawan negara Yaman akan terus bekerja berdampingan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang akan mengawasi pendapatan pelabuhan dan memastikan bahwa mereka disimpan di Bank Sentral Yaman.

Seorang diplomat Riyadh mengatakan kepada Reuters bahwa Riyadh dan Abu Dhabi telah memberikan beberapa sinyal positif dalam 24 jam terakhir, tetapi masih ada jalan panjang.

Menurut sang diplomat, rencana tersebut masih memerlukan persetujuan semua pihak dalam konflik dan tidak akan mengarah setidaknya pada tahap awal untuk gencatan senjata segera. (st/ns)


latestnews

View Full Version