View Full Version
Senin, 25 Jun 2018

Erdogan Klaim Menang dalam Pemilihan Presiden dan Parlemen Turki

ANKARA (voa-islam.com) - Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Ahad malam (24/6/2018) menyatakan kemenangan dalam pemilihan presiden dan parlemen Turki.

"Bangsa kami memberi saya tugas sebagai presiden dan kekuasaan eksekutif," kata Erdogan kepada wartawan di Istanbul, mengutip hasil tidak resmi, yang akan menjadikannya pemimpin pertama Turki di bawah sistem pemerintahan presidensial.

Dia juga menyatakan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa dan Aliansi Rakyat - aliansi antara Partai AK dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) - juga memperoleh mayoritas parlemen, menurut hasil tidak resmi.

Erdogan menggarisbawahi bahwa keamanan suara dan kebebasan untuk memilih adalah ekspresi dari kekuatan demokrasi Turki.

"Turki memberikan pelajaran dalam demokrasi kepada dunia dengan hampir 90 persen pemilih," tambahnya, lapor Anadolu Agency.

Pemimpin Turki menyerukan kepada semua orang untuk meninggalkan semua argumen kampanye pemilu, ketegangan, dan kebencian untuk fokus pada masa depan negara.

Menurut hasil tidak resmi, dengan 96,31 persen suara dihitung, Erdogan mendapat 52,68 persen suara.

Aliansi Masyarakat AK Partai-MHP juga tampaknya memperoleh mayoritas parlemen dengan suara gabungan 53,69 persen.[fq/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version