View Full Version
Senin, 25 Jun 2018

Lebih dari 120.000 Wanita di Saudi telah Mengajukan Izin Mengemudi

RIYADH,  ARAB SAUDI (voa-islam. com) - Lebih dari 120.000 wanita telah mengajukan permohonan untuk surat izin mengemudi dan permintaan sangat tinggi, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Mayor Jenderal Mansour Al-Turki mengatakan di Riyadh pada hari Ahad (24/6/2018) pada konferensi pers bersama dengan Direktur Jenderal Departemen Lalu Lintas Mayjen Muhammad Al -Bassami.

Sebanyak 40 inspektur jalan perempuan akan memulai tugas mereka dalam beberapa pekan mendatang, katanya pada konferensi pers menyusul pelaksanaan mengemudi perempuan.

Turki mengatakan enam sekolah mengemudi di lima kota telah dibentuk untuk melatih perempuan. Namun, sembilan daerah belum memiliki sekolah mengemudi.

 
Standar tinggi yang diterapkan untuk sekolah mengemudi wanita akan menjadi patokan untuk semua sekolah, termasuk sekolah untuk pria, tambahnya.

Menjawab pertanyaan, Bassami mengatakan bahwa pembantu rumah tangga juga bisa mengemudi tetapi masalahnya ada pada jenis visa.

Dia mengatakan tidak ada kasus pelanggaran lalu lintas yang terdaftar sampai saat ini sejak para perempuan Saudi diizinkan mengemudi.

Bassami mengatakan tidak ada ketentuan dalam peraturan lalu lintas untuk ruang parkir khusus bagi wanita. Area parkir khusus dapat diberikan hanya untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus.

Dia mengatakan identitas pengemudi wanita dapat diperiksa melalui sidik jari melalui perangkat genggam.

Turki memperingatkan bahwa siapa pun yang melanggar hak-hak orang lain akan menghadapi proses hukum.

"Kami mendesak semua orang tidak melanggar peraturan lalu lintas dan hak-hak orang lain," katanya.

Kaum wanita di Arab hari ini mendapat suasana baru di negara itu, di mana mereka bisa mengemudi dengan bebas setelah pencabutan larangan berpuluh tahun pada wanita yang mengemudi.

Wanita Saudi secara resmi dapat mengemudi pada tengah malam pada tanggal 24 Juni ketika keputusan kerajaan yang memberi mereka hak untuk lisensi pengemudi mulai berlaku.

Al Arabiya Inggris mengikuti beberapa wanita Saudi dalam perjalanan pertama mereka di belakang kemudi.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan polisi lalu lintas Saudi membagi-bagikan mawar kepada pengemudi perempuan saat mereka duduk di belakang kemudi untuk pertama kalinya pada jam-jam awal hari Ahad.

Departemen lalu lintas telah mulai menerapkan prosedur yang direncanakan dengan hati-hati sebagai persiapan untuk masuknya mobil yang diperkirakan berada di jalan. (st/aby)

Share this post..

latestnews

View Full Version