View Full Version
Rabu, 11 Jul 2018

Israel Cegat Armada Kemanusiaan yang Berusaha Hancurkan Blokade Gaza

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Pasukan angkatan laut Israel pada hari Selasa (10/7/2018) mencegat armada kemanusiaan Palestina yang berusaha menghancurkan blokade Gaza selama bertahun-tahun.

Menurut juru bicara militer Israel Avichay Adraee, kapal - yang membawa delapan penumpang - "dihentikan tanpa insiden".

Setelah ditelusuri, kapal dan penumpang akan dibawa ke Port of Ashdod Israel, kata Adraee.

Sang juru bicara melanjutkan untuk membela apa yang ia sebut sebagai "garis laut" Israel di Gaza, menyebutnya "penting dan legal ... untuk menjaga keamanan Israel dan perbatasan maritimnya".

Armada itu berangkat dari pantai Gaza Selasa pagi dengan harapan menerobos blokade 11 tahun Zionis Israel di Jalur Gaza.

Itu adalah armada kemanusiaan kedua yang diberangkatkan dari Gaza sejak warga Palestina pertama kali mulai menggelar unjukrasa di sepanjang pagar keamanan Gaza-Israel pada 30 Maret.

Sebuah armada sebelumnya, yang berangkat dari Gaza pada 29 Mei membawa pasien medis Palestina dan mahasiswa, juga dicegat.

Sejak 2007, Jalur Gaza telah terkukung di bawah blokade Israel yang melumpuhkan yang telah memusnahkan ekonominya dan merampas sekitar 2 juta penduduk dari banyak komoditas pokoknya.

Sejak 30 Maret, lebih dari 130 warga Palestina telah gugur oleh tembakan tentara Zionis Israel - dan ribuan lainnya terluka - saat mengambil bagian dalam demonstrasi reguler di sepanjang pagar keamanan Gaza-Israel.

Demonstran itu menuntut diakhirinya pendudukan Israel selama puluhan tahun di tanah Palestina dan blokade yang sedang berlangsung, yang telah membawa Jalur Gaza yang miskin ke ambang malapetaka kemanusiaan. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version