View Full Version
Kamis, 12 Jul 2018

Pasukan Syi'ah Irak Siaga Tinggi Menyusul Laporan 60 Kendaraan IS Menyelinap ke Irak dari Suriah

BAGHDAD, IRAK (voa-islam. com) - Pasukan Syi'ah Irak telah siaga tinggi setelah 60 kendaraan anggota Islamic State (IS) dilaporkan menyelinap ke Irak yang datang dari sisi Suriah, kata satu sumber militer, Rabu (11/7/2018).

"Informasi yang diterima oleh satuan tugas militer menunjukkan bahwa 60 kendaraan anggota Islamic State yang datang dari Suriah memasuki Irak dan secara khusus ke kota Baaj," kata Kolonel Saad al-Marsoumi, dari Komando Operasi Niniwe kepada kantor berita Anadolu.

Konvoi itu, menurut Marsoumi, diberi senjata untuk melakukan serangan.

"Pasukan Irak telah siaga tinggi untuk menangani pelanggaran tersebut," tambahnya, menunjukkan "rencana militer yang ditarik selama beberapa jam terakhir.

Semua unit bersenjata, yang didukung oleh jet tempur, akan mengambil bagian untuk mengakhiri pelanggaran itu. ”

Marsoumi juga menekankan bahwa "perbatasan Irak-Suriah sangat panjang. Mereka membutuhkan rencana keamanan baru untuk mengendalikannya dan mencegah infiltrasi jihadis."

Ribuan pejuang IS serta warga sipil Irak tewas sejak kampanye pemerintah, didukung oleh pasukan paramiliter Syi'ah dan koalisi diluncurkan pada Oktober 2016.

Pada bulan Desember, Perdana Menteri Irak Haidar al-Abadi mengumumkan klaim menguasai semua wilayah yang direbut oleh Islamic State, sejak 2014.

Namun, kelompok itu masih memiliki sel-sel aktif, di mana mereka melakukan serangan, di seluruh Irak seperti yang dulu kelompok itu lakukan sebelum 2014. (st/IN) 

Share this post..

latestnews

View Full Version