View Full Version
Selasa, 17 Jul 2018

Otoritas Saudi Larang 47 Video Game Setelah 2 Anak Bunuh Diri Akibat Tantangang Game Online

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi telah bergerak untuk melarang 47 video game yang dikatakan otoritas menyebabkan dua anak melakukan bunuh diri setelah diperintahkan untuk melakukannya oleh game online tersebut.

Di antara judul-judul yang dilarang oleh Komisi Umum Saudi untuk Media Audio-Visual pada hari Senin (16/7/2018) adalah Grand Theft Auto V, Assassins Creed 2 dan God of War 1-3.

Larangan itu menyusul bunuh diri seorang bocah 12 tahun dan seorang gadis berusia 13 tahun yang dilaporkan didorong untuk mengambil nyawa mereka sendiri saat bermain game media sosial 'Blue Whale'.

Juga dikenal sebagai 'Blue Whale Challenge', permainan itu diduga menginstruksikan para pemain untuk berpartisipasi dalam serangkaian tantangan yang aneh dan mengganggu. Ini bisa termasuk siaran langsung menyakiti diri dan begadang untuk menonton film horor.

Seiring perkembangan pemain melalui permainan, tantangan diduga menjadi semakin ekstrim, sampai mereka dilaporkan diinstruksikan untuk bunuh diri sebagai bagian dari tantangan ke-50 dan terakhir.

Permainan ini menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir setelah dikaitkan dengan klaim bahwa 130 remaja di Rusia telah membunuh diri mereka sendiri saat berpartisipasi dalam permainan.

Kematian yang diduga terkait dengan permainan juga telah dilaporkan di Amerika Serikat, India, Inggris dan UEA.

Beberapa orang menyebut cerita seputar Blue Whale Challenge sebuah tipuan.

Pencipta tantangan itu, Philippe Budeikin, 22 tahun dari Rusia, ditangkap dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara tahun lalu karena menghasut bunuh diri.

Budeikin mengakui kejahatannya dan mengatakan bahwa dia "membersihkan masyarakat" dari korban permainan, yang dia gambarkan sebagai "sampah biologis". (st/TNA)


latestnews

View Full Version