View Full Version
Rabu, 18 Jul 2018

Puluhan Bus Evakuasi untuk Warga dan Milisi Syi'ah Pro Assad Tiba di Desa Fou'a dan Kafraya

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Puluhan bus mencapai dua desa Syi'ah loyalis rezim Suriah yang dikepung oleh pejuang oposisi di barat laut, sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengevakuasi warga dan milisi Syi'ah pro-Assad pada Rabu (18/7/2018), kata media pemerintah.

Sekitar 6.000 orang akan pergi, mengosongkan sebagian besar desa Syi'ah al-Fou'a dan Kafraya, seorang komandan dalam aliansi regional yang mendukung Presiden Suriah Bashar Al-Assad kepada Reuters.

Pejuang oposisi dan pasukan yang didukung Iran menyetujui kesepakatan untuk mengevakuasi kedua desa Syi'ah itu sebagai imbalan atas pembebasan hampir 1600 tahanan di penjara negara, kata beberapa sumber, Selasa.

Sumber-sumber oposisi mengatakan para pejabat dari Hayat Tahrir al-Sham (HTS), sebuah koalisi yang dipelopori oleh bekas cabang Al-Qaidah Suriah, dan Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) telah menegosiasikan kesepakatan itu.

"Bus dan ambulans memasuki desa al-Fou'a dan Kefraya untuk membawa keluar orang-orang yang terkepung," kata kantor berita SANA.

Pada bulan April tahun lalu, ribuan loyalis Assad di dua desa itu diangkut keluar ke wilayah pemerintah dalam kesepakatan pertukaran.

Sebagai imbalannya, ratusan warga Sunni meninggalkan dua kota di perbatasan dengan Libanon yang berada di tangan oposisi Sunni pada saat itu dan dikepung oleh pasukan pro-pemerintah. Mereka dievakuasi ke wilayah oposisi di Suriah utara. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version