View Full Version
Rabu, 18 Jul 2018

Pengungsi Rohingya Bersedia Kembali ke Myanmar Jika Keamanan dan Kewarganegaraan Dijamin

COX'S BAZAR, BANGLADESH (voa-islam.com) - Pengungsi minoritas Muslim Rohingya Myanmar mengatakan kepada utusan PBB bahwa mereka bersedia untuk kembali ke Myanmar jika keselamatan dan kewarganegaraan mereka diberikan, menurut pernyataan PBB Selasa (17/7/2018).

Pernyataan itu muncul menyusul kunjungan resmi pertama utusan PBB untuk Myanmar Christine Schraner Burgener ke kamp-kamp pengungsi di Cox's Bazar, Bangladesh dari 14-16 Juli, tempat lebih dari 750.000 pengungsi tinggal.

"Di Cox's Bazar, dia mengunjungi kamp-kamp pengungsi yang luas dan mendengar dari orang-orang tentang kekejaman tak terbayangkan yang dilakukan di Negara Bagian Rakhine," kata pernyataan itu.

"Terlepas dari pelanggaran berat hak asasi manusia ini, mereka menyatakan kepada Utusan tersebut harapan mereka untuk kembali ke rumah jika keamanan dapat dijamin dan kewarganegaraan dapat disediakan," tambahnya.

Selama diskusi tentang kunjungan tersebut, Burgener juga menggarisbawahi pentingnya akuntabilitas atas kejahatan yang dilakukan oleh pasukan Myanmar.

Sejak 25 Agustus 2017, sekitar 750.000 Rohingya, sebagian besar anak-anak dan perempuan, telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh setelah pasukan Myanmar memulai tindakan keras terhadap komunitas Muslim minoritas, menurut Amnesty International.

Setidaknya 9.400 orang Rohingya tewas di Negara Bagian Rakhine Myanmar dari 25 Agustus hingga 24 September 2017, menurut Doctors Without Borders.

Dalam laporan yang diterbitkan Desember lalu, kelompok kemanusiaan global mengatakan kematian 71,7 persen, atau 6.700 Rohingya, disebabkan oleh kekerasan. Mereka termasuk 730 anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat terhadap serangan sejak ribuan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

PBB telah mendokumentasikan perkosaan massal, pembunuhan - termasuk bayi dan anak kecil - pemukulan brutal, dan penghilangan yang dilakukan oleh personel keamanan. Dalam laporannya, penyelidik PBB mengatakan bahwa pelanggaran tersebut mungkin merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan. (st/aa)


latestnews

View Full Version