View Full Version
Sabtu, 21 Jul 2018

Afrika Selatan Tolak tekanan Saudi dan UEA untuk Blokade Qatar

DOHA, QATAR (voa-islam. com) - Afrika Selatan telah menolak tekanan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk memutuskan hubungan dengan Qatar, Al-Khaleej Online melaporkan mengutip perkataan utusan Pretoria untuk Doha.

Selama perayaan untuk mengenang ikon kebebasan Afrika Selatan Nelson Mandela di Doha pada hari Rabu (18/7/2018), Faizel Moosa mengatakan bahwa negaranya menolak tekanan seperti itu “karena bertentangan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan Mandela - untuk tidak ikut campur dalam urusan internal orang lain.”

"Hubungan Qatar-Afrika Selatan terus berkembang," kata Moosa pada acara tersebut.

Pertukaran komersial antara kedua negara naik menjadi 70 persen setelah pengepungan yang diberlakukan oleh Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir pada Juni tahun lalu, dan akan ada lebih banyak investasi bersama, tambahnya.

Sebuah stasiun baru sedang dibangun di Afrika Selatan untuk memungkinkan pengiriman gas Qatar, dan para pengusaha dari negara Teluk kecil berinvestasi di Afrika Selatan.

Dia melanjutkan untuk memuji peran Qatar di Afrika yang telah meningkat setelah tur Emir Qatar, Sheikh Tamim Al-Hamad Al-Thani, baru-baru ini di wilayah tersebut. (St/MeMo) 


latestnews

View Full Version