View Full Version
Senin, 30 Jul 2018

Koalisi Pimpinan Saudi Hancurkan Sirus Peluncuran Rudal Balistik Pemberontak Syi'ah Houtsi di Sa'ada

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Koalisi pimpinan Saudi menghancurkan situs (peluncuran) rudal balistik yang dijalankan oleh pemberontak Syi'ah Houtsi di Sa'ada Yaman.

Awal pekan ini, koalisi pimpinan Saudi menyerang bandara internasional dan pangkalan udara militer di bagian utara ibukota Yaman, melakukan enam serangan udara berturut-turut.

Menurut televisi Al Ekhbariya milik pemerintah Arab Saudi, koalisi mengumumkan "penghancuran (peluncuran) rudal balistik yang dijalankan oleh pemberontak Syi'ah kaki tangann Iran di Saada," yang berbatasan dengan Arab Saudi.

Sumber Saudi sebelumnya melaporkan bahwa mereka telah mencegat banyak rudal yang menargetkan kota-kota Saudi, yang diluncurkan oleh pemberontak Syi'ah  Houtsi dari Saada.

Arab Saudi telah terlibat dalam perang sipil Yaman sejak Maret 2015, melakukan operasi melawan pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran yang mencaplok sebagian besar wilayah di negara berpenduduk mayoritas Sunni tersebut termasuk ibukota Sana'a.

Sejak Juni pasukan pemerintah sah Yaman didukung oleh koalisi telah melancarkan serangan untuk menangkap kota pelabuhan Hodeidah yang dikuasai pemberontak.

Serangan tersebut sempat dihentikan demi memenuhi permintaan PBB yang meminta jeda waktu untuk melakukan pengiriman bantuan kemanusiaan ke seluruh negeri melalui pelabuhan tersebut. (st/AMN)


latestnews

View Full Version