View Full Version
Kamis, 02 Aug 2018

Arab Saudi Lanjutkan Pengiriman Minyak Melalui Selat Bab El-Mandab

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi telah melanjutkan pengiriman minyak melalui Selat Bab El-Mandab membalikkan keputusan yang dikeluarkan pekan lalu untuk sementara menangguhkan pengiriman melalui jalur air menyusul serangan pemberontak Syi'ah Houtsi.

Global Platts Standard & Poor mengatakan satu kapal tanker minyak yang dimiliki oleh Perusahaan Perkapalan Nasional Arab Saudi (Bahri) melintasi selat Bab El-Mandab pada hari Ahad, menambahkan bahwa tiga kapal yang dimiliki oleh perusahaan yang sama telah siaga dalam 24 jam terakhir di Pelabuhan Salalah Oman.

Kapal pengangkut lain yang dimiliki oleh Bahri juga berangkat dari pantai timur Arab Saudi ke Bab El-Mandab dalam perjalanan ke pelabuhan Mesir Ain El-Sokhna sementara dua kapal lainnya terlihat mendekati Bab El-Mandab dalam beberapa jam terakhir.

Arab Saudi mengumumkan pada 25 Juli bahwa mereka akan menghentikan sementara semua pengiriman minyak melalui Selat Bab El-Mandab sampai navigasi di daerah itu menjadi aman.

Menteri Energi Saudi Arabia, Khalid Al-Falih, mengatakan: "Ancaman organisasi teroris Houtsi terhadap pengangkut minyak mentah mempengaruhi kebebasan perdagangan internasional dan navigasi maritim di Selat Bab El-Mandab dan Laut Merah."

Bab El-Mandab adalah salah satu saluran air paling penting di dunia; hampir 25.000 kapal melewatinya setiap tahun, mewakili sekitar tujuh persen lalu lintas maritim dunia. Jalur air tersebut terletak antara Yaman, Djibouti, dan Eritrea, dan menghubungkan Laut Merah dengan Teluk Aden dan Laut Arab. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version