View Full Version
Senin, 13 Aug 2018

Turki Bersiap Luncurkan Operasi Militer Baru di Suriah

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki telah mencapai tahap akhir persiapan untuk operasi militer barunya di Suriah, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Ahad (12/8/2018).

“Kami berada di tahap terakhir persiapan untuk meningkatkan jumlah wilayah di Suriah, di mana kami telah menyediakan stabilitas melalui operasi 'Perisai Efrat' dan 'operasi Cabang Zaitun'. Dengan bantuan Tuhan, kami akan membebaskan wilayah-wilayah baru dalam waktu dekat dan membawa keamanan di sana, ”kata Erdogan, sebagaimana dikutip oleh kantor berita Anadolu.

Sang presiden mencatat bahwa 250.000 orang telah kembali ke tempat-tempat, di mana Turki telah mengadakan operasi militernya.

Pasukan Turki, bekerja sama dengan kelompok oposisi Suriah yang setia kepada Ankara, telah berpartisipasi dalam sejumlah operasi militer di Suriah, sebagian besar terhadap militan Komunis  Kurdi.

Pada bulan Januari 2018, Ankara meluncurkan operasi di Afrin yang disebut Operasi Cabang Zaitun yang bertujuan untuk "membersihkan" perbatasan Suriah Turki dari ancaman teroris.

Operasi lain yang dijuluki Perisai Efrat adalah kampanye lintas batas 2016-2017 yang, menurut Ankara, ditujukan terhadap teroris yang diduga mengancam keamanan Turki.

Damaskus telah mengutuk operasi militer Turki, mengatakan mereka melanggar kedaulatan Suriah. (st/AMN)


latestnews

View Full Version