View Full Version
Kamis, 16 Aug 2018

Atlet Yudo Yordania Tolak Bertanding Lawan Atlet Israel di Turnamen Internasional Budapest

AMMAN, YORDANIA (voa-islam.com) - Seorang atlet Judo Yordania menolak untuk bertanding melawan olahragawan Israel di turnamen internasional dalam aksi boikot terbaru terhadap atlet Israel.

Baker al-Zidaneen menolak untuk menghadapi Sagi Muki pekan lalu di Grand Prix Budapest 2018 dalam kategori di bawah 81kg, saudara Zidaneen, Bilal mengatakan kepada The New Arab layanan berbahasa Arab.

"Saudaraku berada di bawah tekanan untuk bersaing tetapi dia menolak untuk melanjutkan pertandingan," kata Bilal.

"Baker tidak mengakui keadaan entitas Zionis, jadi bagaimana bisa mengakui seorang atlet yang mewakili entitas ini?" dia menambahkan.

Keputusan Zidaneen telah dipuji sebagai tindakan simbolik perlawanan oleh pengguna media sosial di Yordania dan penduduk kota kelahirannya Busaira.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel mengecam langkah itu dan menuduh Zidaneen sengaja makan berlebihan untuk mendiskualifikasi dirinya dari turnamen.

Langkah ini adalah yang terbaru dalam memboikot olahraga Israel, mirip dengan boikot olahraga apartheid Afrika Selatan.

Pada bulan Juni, tim sepakbola Argentina membatalkan pertandingan melawan Israel di Yerusalem menyusul tekanan dari aktivis pro-Palestina.

Aktivis telah mengecam organisasi sepakbola dunia, FIFA, karena "menodai permainan yang indah" dengan sanksi pertandingan di pemukiman ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Otoritas Israel sendiri telah lama melakukan diskriminasi terhadap atlet Palestina. (st/TNA)


latestnews

View Full Version